Penerapan Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Dalam Materi Koperasi

Cholifah, Umi (2015) Penerapan Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Dalam Materi Koperasi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (541kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (285kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (549kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (799kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (209kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan: (1) Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Materi Koperasi SD N Ngaluran 3, (2) Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Materi Koperasi SD N Ngaluran 3. Team Games Tournament Merupakan Sebuah Pembelajaran Yang Dapat Membuat Siswa Terlibat Aktif Dalam Kelompok Karena Selain Siswa Mempunyai Tanggung Jawab Kelompok Juga Mempunyai Tanggung Jawab Individu. Model Pembelajaran Ini Mempunyai Ciri Yaitu Adanya Turnamen Yang Dapat Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Pada Mata Pelajaran IPS Materi Koperasi. Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Guru Dan Siswa Dengan Jumlah 22 Siswa Kelas IV SD N Ngaluran 3 Yang Akan Dilaksanakan Pada Bulan Oktober 2014 Sampai Agustus 2015. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Dengan Dua Kali Pertemuan Setiap Siklusnya, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Observasi, Lembar Kerja Siswa, Soal Evaluasi, Dan Lembar Wawancara. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Hasil Belajar IPS Siswa Dan Pengelolaan Pembelajaran Guru Meningkat Setiap Siklusnya. Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Dapat Dilihat Dari Peningkatan Nilai Rata-Rata Kelas Pada Pra Siklus 61,77 Menjadi 67,89 Pada Siklus I, Dan Meningkat Lagi Pada Siklus II Menjadi 77,57 Dan Ketuntasan Belajar Siswa 45,45% Pada Pra Siklus, Menjadi 72,73% Pada Siklus I, Kemudian Pada Siklus II Menjadi 86,36%. Peningkatan Aktivitas Siswa Dilihat Dari Peningkatan Skor Rata-Rata Aktivitas Siswa Pada Siklus I Ke Siklus II Yaitu Dari Skor 2,05 Menjadi 3,5 Dengan Kriteria Cukup Baik Menjadi Sangat Baik. Selain Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa, Kriteria Pengelolaan Pembelajaran Guru Juga Meningkat Dari Skor Rata-Rata Siklus I 2,72 Dengan Kriteria Baik Menjadi 3,69 Pada Siklus II Dengan Kriteria Sangat Baik. Simpulan Pada Penelitian Ini Yaitu Menerapkan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Saran Dalam Penelitian Hendaknya Siswa Bisa Lebih Aktif Dalam Mengikuti Pembelajaran IPS Dan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Dapat Dijadikan Alternatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament, Learning Achievement.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:17
Last Modified: 22 Jun 2016 05:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5223

Actions (login required)

View Item View Item