Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Talking Stick Berbantuan Gambar Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual Di Kelas V Sdn 2 Pelemkerep Jepara

Lutfiana, Ana (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Talking Stick Berbantuan Gambar Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual Di Kelas V Sdn 2 Pelemkerep Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (638kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar pustaka) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah: (1) Menjelaskan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep, (2) Menjelaskan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep, (3) Menjelaskan Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Kelas V Semester 2 SD 2 Pelemkerep. Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Merupakan Sebuah Pembelajaran Yang Menggunakan Media Tongkat Dalam Pelaksanaannya, Dimana Siswa Yang Mendapat Tongkat Akan Menjawab Pertanyaan Dari Guru Dengan Media Gambar. Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Membuat Siswa Terlibat Aktif Dalam Pembelajaran Dan Dapat Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Karena Ada Unsur Permainan Di Dalamnya. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengomentari Persoalan Faktual. Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Guru Dan Siswa Kelas V SD 2 Pelemkerep Yang Akan Dilaksanakan Pada Bulan Oktober 2014 Sampai Mei 2015. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Dengan Dua Kali Pertemuan Setiap Siklusnya. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Lembar Observasi, Lembar Kerja Siswa, Soal Evaluasi, Dan Lembar Wawancara. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Ada Peningktan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Materi Mengomentari Persoalan Faktual. Terdapat Peningkatan Signifikan Antara Siklus I (68%) Dan Siklus II (88%), Diidukung Dengan Peningkatan Aktivitas Siswa Dari Siklus I 53%(Sedang) Dan Siklus II 75%(Tinggi). Pengelolaan Pembelajaran Oleh Guru Dengan Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Juga Meningkat Dari Siklus I 73% (Baik) Dan Siklus II 87,5% (Sangat Baik). Ini Membuktikan Bahwa Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Materi Mengomentari Persoalan Faktual Siswa Kelas Lima. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Pada Siswa Kelas V SD 2 Pelemkerep. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Selalu Memperhatikan Apa Yang Disampaikan Guru. Bagi Guru Hendaknya Dalam Menggunakan Model Talking Stick Sesuai Dengan Karakteristik Dan Perkembangan Siswa Agar Tidak Bosan Dan Lebih Menarik. Bagi Sekolah Hendaknya Menyediakan Media Pembelajaran Yang Lebih Variatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Mila Roysa, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Speaking Skills, Talking Stick, Picture Media.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:26
Last Modified: 22 Jun 2016 05:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5225

Actions (login required)

View Item View Item