Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ips Semester Ii 2014/2015

SA’ADAH, NAILATUS (2015) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ips Semester Ii 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (562kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (533kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (109kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (169kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 2 Purworejo. Berdasarkan hasil penelitian awal peneliti di SDN 2 Purworejo Kudus., menunjukkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS cukup rendah, karena guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah) pada saat proses KBM berlangsung. Untuk itu diadakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Tujuan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada materi perkembangan teknologi di SD N 2 Purworejo Kudus kelas IV tahun ajaran 2014/2015. Hasil belajar IPS adalah peningkatan kemampuan siswa pada mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bidang teori perkembangan teknologi. Think Pair Share (TPS) merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dengan pola yang efektif dalam pembelajaran yang menjadikan siswa merasa menyenangkan dengan pasangan belajarnya. Langkah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yaitu melalui langkah pertama berpikir (thinking). Langkah kedua berpasangan (pairing). Langkah ketiga berbagi (share). Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Prosedur penelitian masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu perencaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data ranah afektif dan psikomotorik dan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS didapat melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar IPS siswa diperoleh melalui tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yakni dari 67,5 menjadi 76,54 dan ketuntasan belajar siswa 58% menjadi 77%. Sementara peningkatan hasil belajar ranah afektif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II yakni 25,67 menjadi 31 dengan persentase 64% menjadi 78% dan peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II yaitu dari 19 menjadi 24,54 dengan persentase 59% menjadi 77%. Peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II yaitu dari persentase 77% menjadi 81% dengan kriteria tinggi menjadi sangat tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Simpulan pada penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Saran dalam penelitian hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan model pembelajaran think pair share (TPS dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sumarwiyah, M.Pd.Kons
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar IPS, Perkembangan Teknologi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:27
Last Modified: 22 Jun 2016 05:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5226

Actions (login required)

View Item View Item