Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas Iv Sd 7 Hadipolo

Wilis , Ratna (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas Iv Sd 7 Hadipolo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (654kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (339kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (654kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (101kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (160kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penilitian Ini Adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pada Materi Perkembangan Teknologi, Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Melalui Model Numbered Heads Together Di Kelas IV SD 7 Hadipolo. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tersebut Dapat Dilakukan Dengan Model Pembelajaran Yang Inovatif Dan Cocok Bagi Penilitian Ini Model Pembelajaran Numbered Heads Together Yang Mengutamakan Kerjasama Antara Siswa Dalam Kelompok Dengan Langkah-Langkah 1) Penomoran, 2) Mengajukan Pertanyaan, 3) Berfikir Bersama, Dan Menjawab. Penilitian Ini Dimulai Bulan Januari Sampai Agustus 2015. Peniliti Ini Merupakan Penilitian Tindakan Kelas Model Kemmis Dan Taggart Dengan 4 Tahap Tindakan Antara Lain: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Reflek. Subjek Penilitian Ini Adalah Siswa Kelas IV SD 7 Hadipolo Berjumlah 20 Siswa Diantaranya 10 Siswa Laki-Laki Dan 10 Siswa Perempuan. Teknik Pengumpulan Data Adalah Tes, Observasi,Dokumentasi, Dan Instrument. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Kuantitatif Dan Kualitatif. Peniliti Dianggap Berhasil Jika Nilai Rata-Rata Kognitif Siswa Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Mencapai ≥65 Dengan Peresentase Ketuntasan Klasikal 75%, Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik Mencapai Kategori Baik Dan Keterampilan Guru Minimal Sangat Baik. Hasil Belajar Ranah Kognitif, Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Siklus I (70,%), Dan Siklus II (85%. Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus I (65,65%), Dan Siklus II (83,90). Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siklus I (65,5%), Dan Siklus II (86.87%). Sedangkan Keterampilan Guru Pada Siklus I Adalah (70,6%), Dan Siklus II (87,46%). Simpulan Pada Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif Pada Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Kelas IV SD 7 Hadipolo, Hasil Belajar Siswa Ranah Afektif, Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Dan Keterampilan Guru. Saran Yang Diberikan Yaitu Guru Hendaknya Menerapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Pembelajaran IPS. Siswa Hendaknya Melakukan Diskusi Dengan Sungguh-Sungguh. Kepala Sekolah Hendaknya Memfasilitasi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Learning Outcomes, Social Studies. The Purpose Of This Research Is To Improve Student Learning Outcomes In Social Studies In Materials Technology Development, Production, Communication And Transportation Through The Model Numbered Heads Together In Fourth Grade 7 Hadipolo.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 05:54
Last Modified: 22 Jun 2016 05:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5230

Actions (login required)

View Item View Item