PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 5 JURANG KUDUS

Faristasari, Fety (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 5 JURANG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (752kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (461kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (599kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (167kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendiskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bermedia Konkret Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD 5 Jurang Kudus. Problem Based Learning Merupakan Suatu Desain Pembelajaran Yang Menitikberatkan Kepada Siswa Untuk Mengembangkan Cara Berfikir Kritis, Aktif, Kolaboratif Serta Menumbuhkan Keterampilan Secara Mandiri Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah. Media Konkret Merupakan Suatu Objek Asli Maupun Tiruan Yang Dapat Dilihat, Diraba Dan Berwujud Yang Digunakan Sebagai Sumber Informasi Untuk Merangsang Pemikiran Siswa Sehingga Tujuan Pembelajaran Tercapai. Hasil Belajar Matematika Merupakan Suatu Tindakan Untuk Melihat Sejauhmana Tujuan Instruksional Dapat Dicapai Setelah Proses Belajar Mengajar Matematikaberlangsung Yang Mencakup Dari Tiga Ranah Yaitu Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Penerapan Model Problem Based Learning Bermedia Konkret Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Kelas IV SD 5 Jurang Kudus. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 5 Jurang Kudus Dengan Subjek Penelitian 11 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Problem Based Learning Bermedia Konkret. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Matematika. Dalam Penelitian Ini, Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Tes Dan Nontes. Instrumen Penelitian Tes Menggunakan Soal Evaluasi Sedangkan Nontes Menggunakan Lembar Observasi, Lembar Wawancara, Panduan Dokumentasi Dan Lembar Catatan Lapangan. Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Merupakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (63,64%), Dan Siklus II (90,91%), Didukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Aspek Afektif Siklus I (66,02%) Dengan Kualifikasi (Baik) Menjadi (85,90%) Dengan Kualifikasi (Sangat Baik) Pada Siklus II, Didukung Pula Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Aspek Psikomotorik Siklus I (66,24%) Dengan Kualifikasi (Baik) Menjadi (85,33%) Dengan Kualifikasi (Sangat Baik) Pada Siklus II. Keterampilan Guru Menerapkan Model Problem Based Learning Bermedia Konkret Juga Mengalami Peningkatan Siklus I (71,87%) Dengan Kualifikasi (Baik) Menjadi (87,50%) Dengan Kualifikasi (Sangat Baik) Pada Siklus

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, By Concrete Media, Mathematics Learning Achievement,
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 06:20
Last Modified: 22 Jun 2016 06:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item View Item