Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle(Ioc) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Luthfi Rofiuddin, Abdul Wahid (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle(Ioc) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (599kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (309kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (602kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (184kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Sidigede Welahan Jepara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle, Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Cirle Terhadap Keterampilan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Sidigede Welahan Jepara, Dan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Cirle Terhadap Peningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SDN 4 Sidigede Welahan Jepara. Hasil Belajar IPS Adalah Suatu Pencapaian Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC)Adalah Salah Satu Tipe Dalam Pembelajaran Kooperatif Yang Melibatkan Aktivitas Seluruh Siswa Melalui Permainan Berbentuk Lingkaran Dimana Siswa Berbagi Informasi Dengan Anggota Kelompok Lain. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Inside Outside Cyrcle Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Sidigede, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Inside Outside Cyrcle Dapat Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Dalam Menigkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Sidigede, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Inside Outside Cyrcle Dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Menigkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 4 Sidigede. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Penelitian Siswa Kelas V SDN 4 Sidigede. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Dengan Dua Kali Pertemuan Setiap Siklusnya. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Wawancara, Tes, Observasi, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Pedoman Wawancara, Soal Evaluasi, Dan Lembar Observasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Terbagi Menjadi Dua Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Hasil Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle IOC Pada Pembelajaran IPS Kelas V Menunjukkan Peningkatan Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Dan Pengelolaan Pembelajaran Guru Setiap Siklusnya. Ketuntasan Klasikal Siswa Pra Siklus Sebesar 55,5% Dengan Rata-Rata 58,9, Meningkat Pada Siklus I Menjadi 66,6% Dengan Rata-Rata 70,83, Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 83% Dengan Rata-Rata 73,8. Aktivitas Belajar Siswa Siklus I Memperoleh Skor Rata-Rata 2,24 Dengan Kriteria Cukup Baik, Meningkat Pada Siklus II Menjadi 2,6 Dengan Kriteria Baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Learning Achivement Of Social Studies, Inside Outside Circle (IOC)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 06:38
Last Modified: 22 Jun 2016 06:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5236

Actions (login required)

View Item View Item