Fella Shofa, Arifa (2015) Penggunaan Model Jigsaw Berbantuan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 2 Tunggul Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (905kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (337kB) |
Abstrak
Penelitian Ini Dilatarbelakangi Oleh Rendahnya Hasil Belajar IPS Pada Kelas V SDN 2 Tunggul Jepara Dan Cara Pembelajaran Yang Disampaikan Guru Masih Bersifat Konvensional. Untuk Meningkatan Hasil Belajar Diperlukan Strategi Pembelajaran Yang Tepat Seperti Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Komik. Tujuan Penelitian Ini Adalah 1). Mengetahui Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Dalam Meningkatan Keterampilan Guru. 2). Mengetahui Penerapan Model Jigsaw Dalam Berbantuan Media Komik Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. 3). Mengetahui Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Komik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas Dengan Menggunakan Model Siklus. Penelitian Dilaksanakan Di SDN 2 Tunggul Jepara Dengan Subjek Penelitian Dengan Jumlah Siswa 33 Yang Terdiri Dari 13 Siswa Laki-Laki Dan 20 Siswa Perempuan. Tiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahapan, Yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Pengamatan (Observing), Dan Refleksi (Reflecting). Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Menggunakan Data Kuantitatif Dan Analisis Data Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Kondisi Awal Ketuntasan Hasil Belajar Pra Siklus Sebesar 54,54%, Pada Siklus I Naik Menjadi 75,75%, Dan Pada Siklus II Naik Lagi Menjadi 87,87%. Aktivitas Belajar Siswa Klasikal Pada Siklus I 41,28% Dan Pada Siklus II 69,98% Meningkat Dengan Kategori Tinggi. Keterampilan Guru Juga Mengalami Peningkatan, Siklus I Mendapat Presentase 70,62% Dan Siklus II Mendapat Presentase 76,87% Dengan Kategori Sangat Baik. Simpulan Pada Penelitian Ini Adalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Komik Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa, Serta Hasil Belajar Siswa. Sarannya Diharapkan Para Peneliti Selanjutnya Dapat Mengembangkan Model Pembelajaran Yang Lain Serta Media Sehingga Hasil Belajar Siswa Dapat Meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd |
Kata Kunci: | Jigsaw, Hasil Belajar Media Komik, Tokoh Perjuangan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 07:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 07:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5240 |
Actions (login required)
View Item |