PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SD 1 PRAMBATAN LOR

Triono, Agus (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SD 1 PRAMBATAN LOR. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (366kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (633kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (727kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (452kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (408kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (403kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kondisi Awal Pembelajaran Matematika Di SD 1 Prambatan Lor Yang Berlangsung Masih Difokuskan Pada Penguasaan Aspek Kognitif Saja, Masih Konvensional, Tidak Menggunakan Model Pembelajaran Yang Bervariasi, Dan Tidak Memanfaatkan Tutor Teman Sebaya. Berdasarkan Masalah Tersebut, Maka Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah: (1) Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Tutor Sebaya Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Kelas IV SD 1 Prambatan Lor?; (2) Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Guru Pada Materi Perkalian Bilangan Melalui Penerapan Model Tutor Sebaya Materi Perkalian Bilangan Kelas IV SD 1 Prambatan Lor?. Tujuan Penelitian Ini Adalah: (1) Untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Tutor Sebaya Materi Perkalian Bilangan Kelas IV SD 1 Prambatan Lor. (2) Untuk Mengetahui Peningkatan Keterampilan Guru Pada Materi Perkalian Bilangan Melalui Penerapan Model Tutor Sebaya Materi Perkalian Bilangan Kelas IV SD 1 Prambatan Lor. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Dengan Subjek Penelitian Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Lor Yang Berjumlah 28 Siswa. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus, Dengan Dua Kali Pertemuan Setiap Siklusnya. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Wawancara, Tes, Observasi, Dan Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Berupa Pedoman Wawancara, Soal Evaluasi, Dan Lembar Observasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Terbagi Menjadi Dua Yaitu Teknik Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Rata-Rata Nilai Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Perbandingan Dan Skala Yang Cukup Signifikan Antara Prasiklus (54,82), Siklus I (63,57), Dan Siklus II (70,35) Dan Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dari Siklus I 55,87% (Tinggi) Menjadi 77,95% (Tinggi) Di Siklus II. Pengelolaan Pembelajaran Tutor Sebaya Juga Mengalami Peningkatan Dari Siklus I 82,29% (Tinggi) Menjadi 92,70% (Sangat Tinggi) Pada Siklus II. Hal Ini Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Bilangan Pada Siswa Kelas IV SD 1 Prambatan Lor Simpulan Pada Penelitian Ini Adalah Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Serta Keterampilan Guru. Saran Dalam Penelitian Hendaknya Siswa Selalu Memperhatikan Apa Yang Disampaikan Guru Dan Aktif Dalam Pembelajaran Sehingga Aktivitas Belajar Siswa Terarah Dan Hasil Belajar Siswa Optimal. Sedangkan Saran Bagi Guru Adalah Guru Hendaknya Dalam Pembelajaran Menerapkan Strategi Pembelajaran Yang Inovatif, Salah Satunya Adalah Model Pembelajaran Tutor Sebaya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kaanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Results Of Study Mathematics, Peer Tutor, Multiplication Integer.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 07:19
Last Modified: 22 Jun 2016 07:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5241

Actions (login required)

View Item View Item