Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pknmelalui Model Number Head Together (Nht) Berbantu Media Cd Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Demaan Jepara

Priyuliana, Hendina (2016) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pknmelalui Model Number Head Together (Nht) Berbantu Media Cd Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Demaan Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (478kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (303kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (355kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (955kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (179kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah Mendeskripsikan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Number Head Together Berbantu CD Pembelajaranpada Siswa Kelas IV SDN 1 Demaan. Adapun Tujuan Khusus Penelitian Ini Adalah 1)Mendiskripsikan Model Number Head Together(NHT) Berbantu Media CD Pembelajarandapat Meningkatan Keterampilan Mengajar Guru, 2)Mendiskripsikan Model Number Head Together(NHT) Berbantu Media CD Pembelajaran Dapat Meningkatan Aktivitas Siswa, 3)Mendiskripsikan Model Number Head Together (NHT) Berbantu Media CD Pembelajaran Dapat Meningkatan Hasil Belajar, 4) Mendiskripsikan Model Number Head Together (NHT) Berbantu Media CD Pembelajaran Dapat Meningkatan Kualitas Iklim, Materi, Dan Media Pembelajaran Number Head Together Merupakan Sebuah Varian Dari Grup Discussion, Yaitu Hanya Ada Satu Siswa Yang Mewakili Kelompoknya Tetapi Sebelumnya Tidak Diberi Tahu Siapa Yang Akan Menjadi Wakil Kelompok Tersebut. Kualitas Pembelajaran Pkn Dalam Penelitian Ini Dapat Dilihat Dari Perilaku Pembelajaran Guru, Perilaku Belajar Siswa, Dampak Belajar Siswa Yang Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Kognitif, Iklim Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Dan Media Pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 1 Demaan Jepara Dengan Subjek Penelitian Yaitu Peneliti Sebagai Guru Yang Menerapkan Model Number Head Together Berbantu Media CD Pembelajarandan Siswa Kelas IV SDN 1 Demaan Yang Berjumlah 31 Siswa. Penelitian Ini Dilaksanakan Dalam Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Tahap Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilakukan Dengan (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Tes, Dan (4) Dokumentasi. Data Dianalisis Dengan Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Adanya Peningkatan Yang Signifikan Pada Perilaku Pembelajaran Guru Dengan Peningkatan Persentase Dari Siklus I Ke Siklus II Sebesar 6,85%. Perilaku Belajar Siswa Meningkat Sebesar 13,5% Dari Siklus I Ke Siklus II. Dampak Belajar Siswa Yang Dilihat Dari Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Kognitif Pada Pra Siklus Memperoleh Persentase Ketuntasan Belajar Klasikal Sebesar 25,8%, Pada Siklus I Memperoleh Persentase Ketuntasan Belajar Klasikal Sebesar 67,8% Dan Pada Siklus II Memperoleh Persentase Ketuntasan Belajar Klasikal 77,4%. Iklim Pembelajaran Meningkat Sebesar 16,6% Dari Siklus I Ke Siklus II. Materi Pembelajaran Meningkat Sebesar 12,4% Dari Siklus I Ke Silus II. Media Pembelajaran Meningkat Sebesar 15,6% Dari Siklus I Ke Siklus II. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Model Number Head Together Berbantu Media CD Pembelajarandapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Demaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran Bagi Siswa Yakni Agar Siswa Lebih Berpartisipasi Aktif Dan Memusatkan Perhatian Selama Kegiatan Pembelajaran Di Kelas Supaya Mampu Memahami Materi Dengan Baik. Bagi Guru Agar Sebaiknya Menggunakan Model Number Head Togethersebagai Salah Satu Alternatif Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Globalisasi Atau Pada Materi Lainnya. Guru Sebaiknya Mengajar Dengan Mengutamakan Peran Aktif Siswa, Sehingga Siswa Ikut Terlibat Dalam Pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Sri Utaminingsih, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PKn
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 05:46
Last Modified: 23 Jun 2016 05:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5244

Actions (login required)

View Item View Item