PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD 2 TUMPANGKRASAK

Sofyanto, Wahyu (2015) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD 2 TUMPANGKRASAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (470kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (122kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa, Keterampilan Guru, Dan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V SD 2 Tumpangkrasak. Model Contextual Teaching And Learning Adalah Model Pembelajaran Yang Membantu Guru Mengaitkan Materi Yang Dipelajari Dengan Penerapannya Di Kehidupan Sehari-Hari Sehingga Pembelajaran Menjadi Lebih Bermakna. Materi Pembelajaran IPS Banyak Yang Terkait Dengan Kehidupan Nyata Pada Kegiatan Sehari-Hari. Dengan Mengkaitkan Antara Materi Pembelajaran Dengan Kehidupan Nyata, Diharapkan Siswa Lebih Memahami Pembelajaran IPS Itu Sendiri. Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Yaitu Prestasi Belajar IPS Siswa, Keterampilan Guru, Dan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Diterapkannya Model Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V SD 2 Tumpangkrasak Dapat Meningkat. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Kelas V SD 2 Tumpangkrasak Dengan Subjek Penelitian 15 Siswa Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklusnya Terdiri Atas Dua Pertemuan. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Contextual Teaching And Learning, Sedangkan Variabel Terikatnya Adalah Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD 2 Tumpangkrasak. Teknik Pengumpulan Data Penelitian Ini Berupa Tes, Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Dari Tindakan Selanjutnya Dianalisisi Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Sebelum Melakukan Tindakan Memperoleh Ketuntasan Klasikal Sebesar 53,33% Dengan Rata-Rata Kelas 64,67 Meningkat Menjadi 65 Pada Siklus I. Pada Siklus II Meningkat Menjadi 74,33. Aktivitas Siswa Pada Siklus I Mencapai Rata-Rata 68,64% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Yang Mencapai Rata-Rata 76,67% Dengan Kualifikasi Baik. Keterampilan Guru Pada Siklus I Mencapai Rata-Rata 68,75% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Yang Mencapai Rata-Rata 82,5% Dengan Kualifikasi Baik. Simpulan Pada Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas V Di SD 2 Tumpangkrasak Kudus. Saran Dalam Penelitian Ini Diharapkan Para Siswa Dapat Fokus Dan Aktif Dalam Kegiatan Pembelajaran, Guru Dapat Menggunakan Model Alternatif Dan Melibatkan Siswa Dalam Pembelajaran Dan Peneliti Dapat Mengkaji Lebih Mendalam Model Contextual Teaching And Learning Dan Model-Model Pembelajaran Yang Lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd.Kons.
Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Student Achievement, Social Studies.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 22 Jun 2016 08:02
Last Modified: 22 Jun 2016 08:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5245

Actions (login required)

View Item View Item