Penerapan Model Circuit Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Pada Kelas Iv Semester 2 Di Sdn 3 Megawon Kudus

rahmatika, zasqia (2015) Penerapan Model Circuit Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Pada Kelas Iv Semester 2 Di Sdn 3 Megawon Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (541kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (631kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (534kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (998kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (112kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (187kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Dan Menemukan Peningkatan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 3 Megawon Kudus. Model Pembelajaran Circuit Learning Merupakan Model Pembelajaran Yang Menekankan Pada Pemberdayaan Pikiran Melalui Penambahan Dan Pengulangan Materi Pembelajaran Melalui Catatan Kreatif (Peta Konsep). Hasil Belajar Mencakup Tiga Aspek Yaitu Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Dan Penggunaan Model Pembelajaran Circuit Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Kelas IV SDN 3 Megawon Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 3 Megawon Kudus Dengan Subjek Penelitian 15 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Circuit Learning. Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPA Di SDN 3 Megawon. Instrumen Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru Dengan Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Dalam Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Menunjukan Peningkatan Yang Antara Siklus I Sebesar 82,8 % Dengan Kualifikasi Baik, Dan Siklus II Sebesar 90,6 % Dengan Kualifikasi Sangat Baik Di Dukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Pada Aspek Kognitif Terjadi Peningkatan Antara Siklus I Sebesar 60 % Menjadi 86,67 % Pada Siklus II. Pada Aspek Afektif Terjadi Peningkatan Yang Signifikan Antara Siklus I Sebesar 69,48 % Dengan Kualifikasi Baik Menjadi 81,56 % Dengan Kualifikasi Sangat Baik Padasiklus II. Pada Aspek Psikomotorik Terjadi Peningkatan Signifikan Antara Siklus I Sebesar 69,71 Dengan Kualifikasi Cukup Menjadi 79,99 Dengan Kualifikasi Baik Pada Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penggunaan Model Circuit Learning Dapat Meningkatkan Pembelajaran Pada Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 3 Megawon Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SDN 3 Megawon Kudus Dapat Disimpulkan Bahwa Model Pembelajaran Circuit Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Kelas IV SDN 3 Megawon Kudus. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapakan Model Circuit Learning, Guru Harus Memberi Kesempatan Bagi Siswa Untuk Memberdayakan Pikiran Melalui Penambahan Dan Pengulangan Materi Pembelajaran Melalui Catatan Kreatif (Peta Konsep).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Circuit Learning, Study Result, Natural Resources
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 22 Jun 2016 08:12
Last Modified: 22 Jun 2016 08:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item