Alistya, Nurina (2012) Efektifitas Bimbingan Pribadi untuk Meningkatkan Kematangan Emosi pada Siswa Kelas VIII B SMP N I Mayong Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (550kB) |
PDF (Bab I)
bab_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IVq.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V_tya.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (60kB) |
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
power_pont.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi pada siswa SMP N 1 Mayong kelas VIII B Tahun pelajaran 2011/2012 masih banyak siswa yang belum mampu untuk mancapai tingkat kematangan emosi hal ini dilihat dari hasil pengamatan dan dari hasil wawancara dengan guru pembimbing disekolah tersebut kemudian diperkuat dengan hasil angket kematangan emosi, dalam penelitian ini cara atau metode yang digunakan oleh peneliti yaitu mengunakan layanan informasi dalam bidang bimbingan. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalahnya adalah: “Apakah bimbingan pribadi efektif untuk meningkatkan kematangan emosi kelas VIII B SMP N 1 Mayong tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian: 1.Untuk mendeskripsikan tingkat kematangan emosi pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong tahun pelajaran 2011/2012 sebelum dan sesudah diberi bimbingan pribadi. 2.Untuk mendeskripsikan seberapa besar efektifitas bimbingan pribadi dalam meningkatkan kematangan emosi pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong tahun pelajaran 2011/2012. kegunaan penelitian: 1) Secara teoritis. Hasil penelitian ini dapat lebih memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan tentang layanan bimbingan konseling sebagai acuan penelitian yang lebih luas lagi. 2) Secara praktis:a) Memberi masukan kepada kepala sekolah berupa informasi ilmiah tentang pentingnya pemberian bimbingan pribadi pada siswa agar dapat meningkatkan atau mengetahui kematangan emosinya. b) Bagi konselor agar memberikan pengarahan kepada siswa tentang pentingnya bimbingan pribadi untuk meningkatkan kematangan emosi siswa. c) Sebagai masukan bagi siswa agar dapat memahami dan mengetahui pentingnya atau manfaat bimbingan pribadi untuk meningkatkan kematangan emosi siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : ” Bimbingan pribadi efektif untuk meningkatkan kematangan emosi pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong Tahun pelajaran 2011/2012”. Variabel penelitian: Bimbingan Pribadi (variabel bebas) dan Kematangan Emosi (variabel terikat). subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode pokok angket, metode wawancara dan dokumentasi dengan uji validitas angket menggunakan rumus product moment dan reliabilitas angket menggunakan teknik belah dua ganjil genap. Semua angket dinyatakan valid karena nilai r hitung > dari r tabel (r hitung > 0,851). Hasil penelitian: Sebelum diberi Bimbingan Pribadi N = 35 hasilnya siswa dalam kategori sangat tinggi nilai (128-104) 0 siswa = 0%, kategori tinggi nilai (103-79) 5 siswa = 14,28% kategori cukup nilai (78-54) 29 siswa = 82,86% dan kategori rendah nilai (53-32) 1 siswa = 2,86%. Setelah diberi Bimbingan Pribadi sebanyak 7 kali, diperoleh siswa dalam kategori sangat tinggi nilai (128-104) 13 siswa = 37.14%, kategori tinggi nilai (103-79) 22 siswa = 62.86% kategori cukup nilai (78-54) 0 siswa = 0% dan kategori rendah nilai (53-32) 0 siswa = 0%. Hasil analisis uji beda dengan t-tes menunjukkan perolehan nilai t = 16,14 berdasarkan, taraf signifikansi 5% = 2,042 dengan tabel uji t N = 35. Ternyata hasil t-hitung lebih besar dari harga t-tabel (16,14 > 2,042) maka hasil analisisnya dapat dikatakan signifikan. Jadi, bimbingan pribadi efektif untuk meningkatkan kematangan emosi pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan pribadi efektif untuk meningkatkan kematangan emosi pasa siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong Tahun Pelajaran 2011/2012. Simpulan dari hasil analisis dan pembahasan bimbingan pribadi efektif untuk meningkatkan kematangan emosi pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Mayong Tahun pelajaran 2011/2012 Saran: 1) Kepala Sekolah, dapat memberikan perhatian khusus berupa pemantauan langsung dalam segala bentuk kegiatan untuk membantu siswa dalam mengubah perilaku yang positif dan baik. 2) Kepada Konselor, dapat menjadi masukan bahwa melalui layanan bimbingan pribadi konselor bisa memberikan berbagai informasi yang di butuhkan oleh siswa agar siswa mampu bersikap dan menyikapi persoalan yang ada. 3) Kepada Orang tua, memberikan masukan kepada orang tua/wali murid untuk lebih memperhatikan anak-anaknya sehingga anak bisa menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang ada dengan baik. 4) Kepada Siswa, dengan adanya layanan informasi dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah, siswa diharapkan dapat memanfaatkan agar siswa banyak mengetahui berbagai informasi yang di berikan dan akan menambah wawasan, pengetahuan yang dimilikinya untuk mengembangkan dirinya sehingga siswa tidak mudah terpengaruh kepada hal negatif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I Drs. Masturi, MM Dosen Pembimbing II Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd |
Kata Kunci: | Bimbingan Pribadi dan Kematangan Emosi |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Psikologi perkembangan. Meliputi psikologi perkembanga bayi, anak, remaja, dewasa lanjut usia. Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 10 Nov 2012 05:56 |
Last Modified: | 10 Nov 2012 05:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/525 |
Actions (login required)
View Item |