PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD 6 BULUNGCANGKRING

Safitri, Istiya (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD 6 BULUNGCANGKRING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (539kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (279kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (532kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (200kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan Dari Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah Rendahnya Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Hal Ini Dikarenakan Guru Belum Menggunakan Model Pembelajaran Yang Inovatif Sehingga Mengakibatkan Siswa Pasif Dan Kurang Bersemangat Dalam Mengikuti Pembelajaran. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Aktivitas Siswa, Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Make A Match Merupakan Model Pembelajaran Yang Mengajak Siswa Mencari Pasangan Kartu-Kartu Yang Merupakan Pertanyaan Dan Kunci Jawaban Dari Suatu Materi Dalam Pembelajaran. Hasil Belajar Merupakan Tingkat Keberhasilan Siswa Dalam Mempelajari Materi Pelajaran Disekolah Yang Dinyatakan Dalam Skor Yang Diperoleh Dari Hasil Tes Mengenal Sejumlah Materi Pelajaran Tertentu. Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Merupakan Salah Satu Bidang Kajian Guna Membekali Siswa Dengan Pengetahuan Dan Kemampuan Dasar Berkenaan Dengan Hubungan Antar Warga Negara Dengan Negara Dalam Rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Indonesia. Globalisasi Merupakan Suatu Keadaan Dimana Isu Dan Masalah Yang Menyangkut Berbagai Bangsa Dan Negara. Hipotesis Dalam Penelitian Ini Adalah Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru, Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Setelah Diterapkan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring Dengan Subjek Penelitian 22 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Make A Match. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Pkn Siswa. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar Pkn Siswa Pada Materi Globalisasi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (59,09%) Dan Siklus II (81,81%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I 67,88 (Baik) Menjadi 80,76 (Baik) Siklus II. Pengelolaan Pembelajaran Model Pembelajaran Make A Match Juga Mengalami Peningktan Pada Siklus I 70,52% (Baik) Menjadi 87,49% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Berdasarkan Hasil Penelitian Indakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SD 6 Bulung Cangkring. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match, Guru Harus Lebih Membimbing Siswa Dalam Diskusi Dan Melakukan Percobaan Untuk Menemukan Pasangan Kartu.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Civic Education, Learning Outcomes, Globalization
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 02:01
Last Modified: 23 Jun 2016 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5251

Actions (login required)

View Item View Item