Ayu Anindia Anneswari, Reza (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Ipa Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Eksperimen Kelas Iv Sdn 2 Manyargading Kalinyamatan Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (962kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Dafatar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (27kB) |
Abstrak
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Metode Eksperimen Kelas IV SDN 2 Manyargading Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Aktivitas Belajar Siswa Tidak Terbatas Pada Aktivitas Membaca Dan Menulis Siswa Saja. Ada 8 Jenis Aktivitas Dalam Penelitian Ini Yakni 1) Kegiatan-Kegiatan Visual, 2) Kegiatan-Kegiatan Lisan, 3) Kegiatan-Kegiatan Mendengarkan, 4) Kegiatan-Kegiatan Menulis, 5) Kegiatan-Kegiatan Menggambar, 6) Kegiatan-Kegiatan Metrik, 7) Kegiatan-Kegiatan Mental, Dan 8) Kegiatan-Kegiatan Emosional. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dilakukan Dengan Menerapkan Metode Eksperimen. Metode Eksperimen Yang Mampu Membuat Siswa Berpikir Secara Ilmiah Dengan Langkah-Langkah 1) Menetapkan Tujuan Percobaan, 2) Mempersiapkan Alat Dan Tempat Yang Akan Dipergunakan, 3) Mengkoordinasi Siswa Secara Berkelompok, 4) Siswa Melekukan Kegiatan Percobaan, 5) Membuat Kesimpulan Dan Laporan Hasil Percobaan, 6) Penguatan. Desain Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini Menggunakan Model Kemmis Yang Terdiri Atas Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari 4 Tahap Tindakan Antara Lain, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas IV SDN 2 Manyargading Yang Berjumlah 14 Siswa, Diantaranya 8 Siswa Putra Dan 6 Siswa Putri. Instrumen Penelitian Yang Digunakan Dalam Peneltitan Ini Yakni Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Lembar Observasi Aktivitas Guru, Dan Soal Evaluasi Hasil Belajar. Hasil Penelitian Dengan Menerapkan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA, Yakni: (1) Aktivitas Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Mengalami Peningkatan Yang Baik Dengan Perolehan Persentasi Pada Aspek Afektif Sebsesar 51,78% Kategori Cukup Baik Dan Meningkat Pada Siklus I Menjadi 59,82% Dengan Kategori Baik Dan Meningkat Pada Siklus I Menjadi 77,45% Dan Indikator Keberhasilan Masuk Dalam Kriteria Berhasil. Aspek Psikomotor Sebsesar 58,92% Kategori Cukup Baik Dan Meningkat Pada Siklus I Menjadi 64,82% Dengan Kategori Baik Dan Meningkat Pada Siklus I Menjadi 75,45% Dan Indikator Keberhasilan Masuk Dalam Kriteria Berhasil. (2) Aktivitas Guru Dalam Pembelajaran Meningkat Dari Siklus I Dengan Memperoleh Persentase 82% Kategori Baik Dan Meningkat Menjadi 84% Kategori Baik. (3) Hasil Belajar Siswa Manunjukkan Adanya Peningkatan Dari Pra Siklus Dengan Nilai Rata-Rata 69,65 Ketuntasan Klasikal 35,71%, Siklus I Memperoleh Nilai Rata-Rata 73,07 Dengan Ketuntasan Klasikal 53,85%, Dan Meningkat Pada Siklus II Memperoleh Nilai Rata-Rata 77,85 Dengan Ketuntasan Klasikal 78, 55%. Kesimpulan Penelitian Ini Adalah Aktivitas Belajar Siswa, Aktivitas Guru Dalam Pembelajaran, Dan Hasil Belajar Siswa Meningkat Setelah Diterapkannya Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN 2 Manyargading. Adapun Saran Yang Diberikan Yakni, Siswa Bisa Lebih Aktif Dalam Pembelajaran Dan Tidak Malu Bertanya Jika Menemui Kesulitan Serta Metode Eksperimen Dapat Dijadikan Alternatif Bagi Guru Agar Tujuan Yang Diharapkan Tercapai.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd. |
Kata Kunci: | Learning Activity, Experimental Method, Object’s Shape Alteration |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 02:24 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 02:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5253 |
Actions (login required)
View Item |