Pendidikan Multikultural Untuk Menanamkan Karakter Bangsa Bagi Siswa Sekolah Dasar

Pratiwi, Ika Ari (2016) Pendidikan Multikultural Untuk Menanamkan Karakter Bangsa Bagi Siswa Sekolah Dasar. Telecon : Teaching, Linguistics, culture and educational conference.

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Published Version
Download (3MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (8MB) | Tinjau ulang
Official URL: htttp:\\jurnal.umk.ac.id

Abstrak

Pendidikan multikultural merupakan suatu proses yang menggambarkan kesatuan berbagai etnis masyarakat yang berbeda dalam suatu negara. Siswa di sekolah perlu dibekali dengan penguatan terhadap pentingnya perilaku peduli, cinta terhadap tanah air dan bangsa, agar mampu mencerminkan perilaku karakter bangsa yang tercermin pada tingkah laku dan pribadi sebagai warga negara Indonesia. Tujuan pendidikan multikultural untuk menanamkan pada siswa bahwa manusia yang hidup disekitarnya dan tempat lain sangat beragam, harapannya siswa mulai mengenal dan memahami bahwa ada cara yang berbeda tapi maksud dan nilainya sama. Sehingga mereka dapat belajar untuk menerima perbedaan dengan proses rasa yang menyenangkan untuk memperoleh rasa perdamaian bahwa keragaman itu sebagai anugrah untuk mewujudkan persatuan bangsa. Pendidikan multikultural dilakukan yang terintegrasi dengan proses pembelajaran sebagai upaya untuk menanamkan karakter bangsa pada siswa usia sekolah dasar. Substansi nilai karakter bangsa yang dapat ditanamkan melalui pendidikan multikultural dalam pembelajaran antara lain: cinta damai, bersahabat, toleran, peduli sosial, semangat kebangsaan dan cinta tanah air

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: multikultural, karakter bangsa, siswa sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 02:27
Last Modified: 16 Feb 2017 13:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item View Item