Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Materi Jaring- Jaring Balok Dan Kubus Pada Siswa Kelas Sd 6 Hadipolo

Ria Nur Janah, Siti (2015) Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Materi Jaring- Jaring Balok Dan Kubus Pada Siswa Kelas Sd 6 Hadipolo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (355kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (149kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (595kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (144kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Pada Siswa Kelas IV SD 6 Hadipolo Kecamaan Jekulo Kabupaten Kudus. Hasil Belajar Siswa Merupakan Perubahan Perilaku Setelah Mengalami Kegiatan Belajar Mengajar Yang Sesuai Dengan Tujuan Pembelajaran. Open Ended Adalah Pembelajarn Yang Menyaajikan Suatu Permasalahan/ Pertanyaan Dengan Pemecahan Masalah Berbagai Cara Dan Banyak Jawaban Yang Benar. Selain Itu Dapat Meningkatkan Kerja Sama Antar Teman. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Hadipolo Dengan Subjek Penelitian 27 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Tiga Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Dan Pengamatan, Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Pembelajaran Open Ended. Sedangkan Variabel Terikat Dalam Penelitian Ini Adalah Hasil Belajar Siswa Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus. Indikator Keberhasilan Dalam Penelitian Ini Adalah Hasil Belajar Siswa, Dan Keterampilan Guru Kelas IV SD 6 Hadipolo Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Open Ended Dengan Kategori Baik. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar Kognitif Siswa Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (48,14%) Dan Siklus II (88,89%), Didukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Afektif Siswa Siklus I 68,1% (Baik), Menjadi 83,28% (Baik) Siklus II. Dan Juga Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Mengalami Peningkatan Antara Siklus I 62,73% (Cukup), Menjadi 85% ( Sangat Baik) Siklus II. Pengelolaan Pembelajaran Guru Model Open Ended Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 65,81% (Baik) Menjadi 89,15% (Sangat Baik). Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Open Ended Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 6 Hadipolo. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Pada Kelas IV SD 6 Hadipolo Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Open Ended Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 6 Hadipolo. Saran Dalam Penelitian Hendaknya Siswa Bisa Lebih Aktif Dalam Mengikuti Pembelajaran Matematika Dan Model Pembelajaran Open Ended Dapat Dijadikan Alternative Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Open Ended, Mathematics’ Achievement
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 02:42
Last Modified: 23 Jun 2016 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5257

Actions (login required)

View Item View Item