PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD 3 TEMULUS

Zakiyah, Ifah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD 3 TEMULUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (518kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (187kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (448kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (108kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Dafatar Pustaka) - Accepted Version
Download (143kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD 3 Temulus. Hasil Belajar Merupakan Nilai Dari Proses Belajar Yang Telah Dicapai Oleh Siswa Dengan Kriteria Tertentu. Model Pembelajaran Index Card Match Adalah Metode Mencari Pasangan Kartu, Metode Ini Cukup Menyenangkan Untuk Digunakan Dalam Mengulangi Materi Pembelajaran Yang Telah Diberikan Sebelumnya Atau Materi Baru Yang Sedang Diajarkan. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Di Kelas IV SD 3 Temulus Mejobo Kudus Dengan Subjek Penelitian 29 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Index Card Match. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Kualitatif Dan Kuantatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Terpenuhinya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1) Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Meningkat Dilihat Dari Peningkatan Nilai Rata-Rata Kelas Pada Siklus I Ke Siklus II Yaitu Dari 62,93 Menjadi 72,24 (2) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Presentase Rata-Rata Sebesar 72,06% Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 80,42% Dengan Kualifikasi Baik (3) Peningkatan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Meningkat Dari Siklus I Ke Siklus II Yaitu Dari 77,08% Menjadi 90,27% Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 3 Temulus Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Index Card Match Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Pada Materi Pengaruh Globalisasi Terhadap Lingkungan Kelas IV SD 3 Temulus Mejobo Kudus. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Aktif Dalam Pembelajaran Dan Meningkatkan Kerjasama Diantara Siswa Dalam Kelompok. Hendaknya Guru Memotivasi Siswa Agar Lebih Aktif Dalam Pembelajaran Dengan Melakukan Bimbingan Secara Intensif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 02:55
Last Modified: 23 Jun 2016 02:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item