PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IVB SDN WINONG 01 PATI

Susilowati, Susilowati (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR Pkn MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IVB SDN WINONG 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (202kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (357kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (721kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (137kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka ) - Accepted Version
Download (206kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Dari Penelitian Ini Yakni Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVB Baik Ranah Kognitif, Afektif Maupun Psikomotorik Dan Keterampilan Guru Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Think Pair Share Merupakan Model Pembelajaran Yang Yang Efektif Yang Dilakukan Dengan Cara Diskusi Secara Berpasangan Untuk Membantu Proses Belajar Siswa Dalam Kelas, Agar Siswa Saling Menuangkan Ide-Ide Yang Ada Dalam Pikirannya Untuk Menyelesaikan Masalah Dan Saling Membantu Antar Siswa Satu Dengan Siswa Yang Lainnya. Hipotesis Penelitian Ini Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas IVB SDN Winong 01 Pati Yang Dilihat Dari Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Di Kelas IVB SD Winong 01 Pati Dengan Subjek Penelitian 17 Siswa, Terdiri Dari 7 Siswa Laki-Laki Dan 10 Siswa Perempuan Dan Guru Yang Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Dua Pertemuan, Setiap Pertemuan Melalui 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi Dan Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Model Think Pair Share, Sedangkan Variabel Terikatnya Yaitu Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi. Metode Pengumpulan Data Berupa Wawancara, Observasi, Dan Tes Diperoleh Dari Tindakan Yang Dilakukan Dianalisis Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Siklus I Hasil Belajar Pkn Siswa Ranah Kognitif Pada Siklus I 70,59% Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 88,23%. Hasil Belajar Pkn Ranah Afektif Siswa Siklus I Mencapai Persentase 68,38% Dengan Kriteria “Baik” Dan Siklus II Meningkat Menjadi 80,14% Dengan Kriteria “Baik”. Hasil Belajar Pkn Ranah Psikomotorik Siswa Siklus I 67,34% Dengan Kriteria “ Baik” Dan Siklus II Meningkat Menjadi 82,46% Dengan Kriteria “Baik”. Pengelolaan Pembelajaran Guru Mencapai Persentase Ketuntasan 70,91% Dengan Kriteria “Baik” Dan Mengalami Peningkatan Siklus II Menjadi 87,5% Dengan Kriteria “Sangat Baik”. Simpulan Pada Penelitian Ini Yakni Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Baik Dari Ranah Kognitif, Afektif Maupun Psikomotorik Siswa Kelas IVB SDN Winong 01 Pati. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share, Guru Hendaknya Menggunakan Model Pembelajaran Yang Inovatif Yang Dapat Merangsang Siswa Mau Belajar Dan Pembelajaran Menjadi Lebih Menarik. Agar Pembelajaran Menjadi Lebih Bermakna Dan Berdampak Pada Hasil Belajar Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Civic Education Achievement, Globalization
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 03:04
Last Modified: 23 Jun 2016 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5259

Actions (login required)

View Item View Item