Penerapan Model Numbered Heads Togetheruntuk Meningkatkanhasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Kelas Ivsd 6 Terban Jekulo Kudus

Purnama Dewi, Candra (2015) Penerapan Model Numbered Heads Togetheruntuk Meningkatkanhasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Kelas Ivsd 6 Terban Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (21MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (18MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Dilatarbelakangi Rendahnya Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD 6 Terban Jekulo Kudus. Berdasarkan Latar Belakang Tersebut Maka Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Dengan Tujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Numbered Heads Together Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Kelas IV SD 6 Terban Jekulo Kudus. Hasil Belajar Merupakan Perubahan Yang Dicapai Siswa Menjadi Lebih Baik. Numbered Heads Together Merupakan Suatu Model Pembelajaran Berkelompok Yang Setiap Anggota Kelompoknya Bertanggung Jawab Atas Tugas Kelompoknya. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Kelas IV SD 6 Terban Jekulo Kudus. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Terban Jekulo Kudus Dengan Subjek Penelitian 20 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perancanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Numbered Heads Together. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Terdiri Dari Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar Ranah Kognitif IPS Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (70%), Dan Siklus II (90%). Didukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Pada Siklus I 63,375% (Cukup) Menjadi 75% (Baik) Siklus II. Dan Peningkatan Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Pada Siklus I 78,375% (Baik) Menjadi 93,625% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Kelas IV SD 6 Terban Jekulo Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 6 Terban Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi. Untuk Itu Disarankan Bagi Guru Agar Menerapkan Model Numbered Heads Together Pada Pembelajaran IPS Di SD 6 Terban Jekulo Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Of Numbered Heads Together (NHT), Result Of Learning.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 03:20
Last Modified: 23 Jun 2016 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item View Item