Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah I Kudus Tahun 2014/2015

Eni Slah, Room (2015) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah I Kudus Tahun 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (96kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (33kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (33kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Dilaksanakan Karena Rendahnya Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus. Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar, Dan Ketrampilan Pengelolaan Kelas Oleh Guru Dalam Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation. Tujuan Dalam Penelitian Ini Yaitu Untuk Mengetahui Apakah Model Pembelajaran Group Investigation Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus Pada Materi Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Model Pembelajaran Group Investigationmerupakan Model Pembelajaran Kooperatif Yang Mengajak Siswa Untuk Berperan Aktif Dalam Proses Pembelajaran. Model Pembelajaran Mengajak Siswa Untuk Aktif Dalam Menentukan Topik Bahasan, Mengeluarkan Pendapat, Serta Keberanian Dalam Menyampaikan Hasil Diskusi. Model Pembelajaran Group Investigation Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus, Aktivitas Belajar Siswa, Serta Keterampilan Mengelola Kelas Group Investigation. Penelitian Ini Dilaksanakan Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Observaasi, Tes Dan Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Meliputi Data Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar Siswa, Dan Pengelolaan Kelas. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Gruop Investigation Dapatmeningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus. Hal Ini Terbukti Dengan Adanya Peningkatan Prosentase Ketuntasan Belajar Serta Nilai Rata-Rata Pada Setiap Siklus. Prosentase Ketuntasan Prasiklus Sebesar 28,2% Dengan Nilai Rata-Rata Klasikal 70,1 Menjadi 41,1% Dengan Nilai Rata-Rata Klasikal 73 Pada Siklus I. Prosentase Ketuntasan Belajar Pada Siklus II Sebesar 78% Atau Terjadi Peningkatan 36,9% Serta Nilai Rata-Rata Klasikalnya Yaitu 78. Berdasarkan Hasil Penelitian Ini Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Group Investigation Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah I Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Kesimpulan Penelitian Dapat Diterangkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa Dan Keterampilan Mengajar Guru Pada SD Muhammadiyah I Kudus. Saran Yang Diberikan Yaitu Siswa Hendaknya Lebih Aktif Dalam Pembelajaran Dan Guru Hendaknya Menggunakan Model Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: The Achievement Of Learning, Group Investigation, The Science Of Social.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: TIDAK DITENTUKAN
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 03:31
Last Modified: 23 Jun 2016 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View Item View Item