Peningkatan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 2 Sidorekso Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Dan Perumusan Dasar Negara Menggunakan Model Numbered Heads Together

Rohmah Ali, Nailul (2015) Peningkatan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd 2 Sidorekso Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Dan Perumusan Dasar Negara Menggunakan Model Numbered Heads Together. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (506kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (76kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Mengetahui Peningkatan Aktivitas Siswa Dan Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SD 2 Sidorekso Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Dan Perumusan Dasar Negara Setelah Menerapkan Model Numbered Heads Together. Model Numbered Heads Together Merupakan Model Pembelajaran Yang Lebih Menekankan Tanggung Jawab Kepada Siswa Dalam Individu Maupun Kelompok, Sehingga Siswa Akan Terlatih Untuk Berpikir Kritis Dan Aktif Serta Semangat Dalam Pembelajaran. Model Pembelajaran Ini Terdiri Atas Empat Fase, Fase 1 : Penomoran, 2 : Mengajukan Pertanyaan, 3 : Berpikir Bersama, 4 : Menjawab. Prestasi Belajar Yakni Penilaian Yang Diterima Oleh Siswa Dari Proses Pembelajaran IPS Yang Telah Berlangsung Dengan Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Dan Perumusan Dasar Negara Bagi Siswa Kelas V SD 2 Sidorekso. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V SD 2 Sidorekso Dengan Subjek Penelitian Guru Dan 28 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Atas Empat Tahap Yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Numbered Heads Together. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Adalah Prestasi Belajar Siswa, Instrumen Penelitian Ini Yakni Berupa Tes, Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Kondisi Awal Siswa Sebelum Melakukan Tindakan Mendapat Ketuntasan Klasikal Sebesar 35,71% Meningkat Pada Siklus I Menjadi 42,86% Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 85,71% Dengan Rata-Rata 75. Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus 1 Mendapat Rata-Rata 67% Dengan Kualifikasi “Tinggi” Meningkat Pada Siklus II Menjadi 79% Dengan Kualifikasi “Sangat Baik”. Kinerja Guru Pada Siklus I Mendapatkan Rata-Rata 72% Dengan Kualifikasi “Baik” Meningkat Pada Siklus II Menjadi 85% Dengan Kualifikasi “Sangat Baik”. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V SD 2 Sidorekso Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Aktivitas Siswa Serta Prestasi Belajar. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Diharapkan Lebih Aktif Dan Memusatkan Perhatian Selama Pembelajaran Di Kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Social Studies Learning Achievement, Numbered Heads Together,
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 23 Jun 2016 04:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item