Penerapan Model Snowball Throwing Berbantu Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Sd 01 Tumpangkrasak

Susanti, Susanti (2015) Penerapan Model Snowball Throwing Berbantu Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Sd 01 Tumpangkrasak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPS Pada Materi Perkembangan Teknologi Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Snowball Throwing. Hasil Belajar IPS Merupakan Perubahan Yang Mengakibatkan Manusia Berubah Sikap Dan Tingkah Lakunya Dalam Muatan IPS. Snowball Throwing Adalah Model Pembelajaran Yang Menekankan Adanya Kerjasama Antara Siswa Juga Memberikan Sentuhan Permainan Kuis Sehingga Dapat Menarik Perhatian Dan Bermakna Bagi Kegiatan Siswa. Penelitian Tindakan Kelas Dillaksanakan Di Kelas IV SDN 1 Tumpangkrasak Jati Kudus Dengan Subjek Penelitian 17 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Snowball Throwing. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPS. Instrumen Penelitian Ini Adalah Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Pada Peningkatan Ketuntasan Nilai Pada Materi Perkembangan Teknologi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus 1 (71,42%) Menjadi (81%) Pada Siklus II. Hal Itu Didukung Dengan Peningkatan Afektif Siswa Pada Siklus 1 (68,97%) Menjadi (84.57%) Pada Siklus II Dan Psikomotorik Siswa Pada Siklus 1 (73,24%) Menjadi (84,71%) Pada Siklus II. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Mengalami Peningkatan Pada Siklus 1 (73%) Menjadi (87%) Pada Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penggunaan Model Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mater Perkembangan Teknologi Kelas IV SDN 1 Tumpangkrasak Jati Kudus. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SDN 1 Tumpangkrasak Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Snowball Throwing Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV SDN 1 Tumpangkrasak Jati Kudus. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Snowball Throwing, Guru Harus Memberi Pembelajaran Yang Lebih Menyenangkan Sehingga Siswa Dapat Melakukan Kegiatan Baru Dan Pembelajaran Yang Bermakna.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Learning Outcomes, Development Of Technology, IPS.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Jun 2016 01:21
Last Modified: 24 Jun 2016 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item