Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Sd 01 Gondoharum Kudus

Adhi Susetyo, Ery (2016) Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Sd 01 Gondoharum Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (393kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (180kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (868kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (104kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (106kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendiskripsikan Peningkatan Sikap Ilmiah Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Contectual Teaching And Learning (CTL) Di SD 1 Gondoharum Jekulo Kudus. Sikap Ilmiah Yaitu Suatu Sikap Yang Menerima Pendapat Orang Lain Dengan Baik Dan Bendar Yang Tidak Mengenal Putus Asa Dengan Ketekunan Juga Keterbukaan. Adapun Sikap Ilmiah Yang Diterampkan Dalam Penelitian Ini Yaitu Sikap Rasa Ingin Tahu, Sikap Bekerjasama, Dan Sikap Disiplin. Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Adalah Model Pembelajaran Yang Mengaitkan Konsep Antara Materi Yang Diajarkan Dengan Situasi Dunia Nyata Yang Didalamnya Terdapat Komponen Utama Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Adapun Langkah-Langkah Model Contextual Teaching And Learning Yang Diterapkan Dalam Penelitian Ini Yakni: Konstruktivisme (Constructivism), Bertanya (Questioning), Inkuiri (Inquiry), Masyarakat Belajar (Learning Community), Pemodelan (Modeling) Dan Penilaian Autentik (Authentic Assessment). Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Gondoharum Jeulo Kudus Dengan Subjek Penelitian 20 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama 2 Siklus. Setiap Siklus Terdiri 4 Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Contextual Teaching And Learning. Variabel Terikat Adalah Sikap Ilmiah IPA Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Di SD 1 Gondoharum Kudus Menunjukkan Adanya Perkembangan Dari Siklus I Ke Siklus II. Sikap Ilmiah Pada Siklus I Memperoleh Persentase 74,4% Kriteria Baik, Siklus II Memperoleh Persentase 81,25% Kriteria Baik. Berdasarkan Hasil Penelitian Yang Dilakukan Dapat Disimpulkan Bahwa Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Di SD 1 Gondoharum Kudus Tergolong Meningkat Dan Sudah Mencapai Indikator Keberhasilan Yang Ditentukan Peneliti. Penulis Menyarankan Pada Siswa Hendaknya Lebih Aktif Dalam Pembelajaran. Penulis Menyarankan Bagi Peneliti Selanjutnya Diharapkan Dapat Menjadi Salah Satu Referensi Dalam Mengembangkan Penelitian Pada Materi Yang Lebih Luas Dan Dapat Diterapkan Pada Jenjang Kelas Yang Berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Sikap Ilmiah, Model Contextual Teaching And Learning.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Jun 2016 01:41
Last Modified: 24 Jun 2016 01:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item