Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Problem Based Introduction (Pbi) Berbantu Software Adobe Flash Cs3

Wahyu Kartikasari, Dian (2016) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Problem Based Introduction (Pbi) Berbantu Software Adobe Flash Cs3. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (429kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (515kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (31kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (115kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Berbantu Software Adobe Flash CS3 Pada Materi Fungsi Organ Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V Di SD 1 Kedungdowo, Dan Mengetahui Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Berbantu Software Adobe Flash CS3 Pada Siswa Kelas V Materi Fungsi Organ Pernapasan Manusia Di SD 1 Kedungdowo. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Yaitu Keterampilan Untuk Meningkatkan Ide-Ide Baru Yang Dikelola Dengan Baik Agar Bisa Berguna Untuk Memecahkan Berbagai Masalah Yang Dihadapi Oleh Siswa. Dalam Keterampilan Berpikir Kreatif Ada 4 Indikator, Yaitu Fluence, Flexibility, Originality, Elaboration. Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Yaitu Pembelajaran Dimana Siswa Dapat Memecahkan Suatu Permasalahan Dengan Melakukan Eksperimen. Penelitian Dirancang Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Dua Siklus. Subyek Penelitian Siswa Kelas V SD 1 Kedungdowo Berjumlah 22 Siswa. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Instrumen Penelitian Berupa Pedoman Wawancara, Lembar Observasi, Lembar Pengamatan Keterampilan Berpikir Kreatif, Soal Tes Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Menggunakan Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa (1) Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Siklus I Memperoleh Keberhasilan 50,32% Dengan Kategori Cukup, Meningkat Pada Siklus II Memperoleh Persentase Keberhasilan 80,89% Dan Kategori Sangat Baik. Hasil Evaluasi Siswa Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Klasikal 65,23 Pada Dengan Kategori Baik Dan Pada Siklus II Memperoleh Rata-Rata Klasikal 77,72 Dengan Kategori Baik; (2) Peningkatan Dilihat Dari Keterampilan Mengajar Guru Pada Siklus I Memperoleh Rata-Rata Persentase 70,84% Dengan Kategori Baik Dan Pada Siklus II Memperoleh Rata-Rata Presentase 89,17% Dengan Kategori Sangat Baik Dan Keterangan Berhasil. Simpulan Pada Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penerapan Model Problem Based Introduction (PBI) Berbantu Software Adobe Flash CS3 Materi Fungsi Organ Pernapasan Pada Manusia Dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Materi Fungsi Organ Pernapasan Manusia Kelas V SD 1 Kedungdowo, Dan Keterampilan Guru. Saran Yang Diberikan Yaitu Guru Sebaiknya Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Berbantu Software Adobe Flash CS3 Pada Pembelajaran IPA Untuk Belajar Memecahkan Masalah. Siswa Sebaiknya Melakukan Eksperimen Agar Dapat Membuat Siswa Belajar Melalui Upaya Penyelesaian Permasalahan Dunia Nyata. Kepala Sekolah Sebaiknya Memfasilitasi Guru Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran. Peneliti Selanjutnya Dapat Menggunakan Model Pembelajaran Dan Media Yang Lebih Kreatif Dan Inovatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Creative Thinking Skills, Problem Based Introduction, Adobe Flash Cs3, Ipa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Jun 2016 01:55
Last Modified: 24 Jun 2016 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item View Item