Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd 7 Bulungkulon

Martha Sari, Annisa (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd 7 Bulungkulon. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (566kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (450kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (105kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (108kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah (1) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V, (2) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V, (3) Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V. Penerapan Problem Based Learning Yang Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Adalah Model Pembelajaran Yang Menitikberatkan Pada Pemahaman Terhadap Masalah Yang Dihadapi. Model Ini Mengharuskan Siswa Untuk Berpikir Kritis Secara Mandiri Dalam Mengidentifikasi Masalah Dan Merumuskan Pemecahan Masalah. Kemampuan Pemecahan Masalah Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Adalah Kemampuan Yang Menunjukkan Pada Proses Berpikir Yang Terarah Untuk Menghasilkan Ide, Atau Mengembangkan Kemungkinan Menyelesaikan Masalah-Masalah Yang Dihadapinya Agar Tercapai Tujuan Yang Diinginkan. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V SD 7 Bulungkulon Dengan Subjek Penelitian 25 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Problem Based Learning. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Tes, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Meliputi Soal Tes, Lembar Observasi, Lembar Wawancara Dan Panduan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Hasil Penelitian Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Siklus I (69,39) Meningkat Siklus II (78,72), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Siklus I 2,39 (Cukup Baik) Menjadi 2,98 (Baik) Siklus II. Keterampilan Mengajar Guru Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 73,75% (Baik) Menjadi 85% (Sangat Baik) Siklus II. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V SD 7 Bulungkulon Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Problem Based Learning, Guru Harus Memberi Pertanyaan-Pertanyaan Yang Mengarah Pada Pemecahan Masalah Agar Siswa Dapat Mengembangkan Daya Berpikirnya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mathematics Problem Solving Ability, Geometry
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Jun 2016 02:15
Last Modified: 24 Jun 2016 02:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item