Penerapan Model Course Review Horay Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Kelas Iv Sdn 1 Jurang Kudus

Muntiani Royanah, Selamet (2015) Penerapan Model Course Review Horay Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Sumber Daya Alam Kelas Iv Sdn 1 Jurang Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (445kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (174kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (385kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (808kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (217kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (144kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Meningkatkan Keterampilan Guru Serta Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Dengan Model Course Review Horay Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Peserta Didik Kelas IV SD 1 Jurang. Model Course Review Horay Merupakan Model Pembelajaran Yang Dapat Menciptakan Suasana Kelas Menjadi Meriah Dan Menyenangkan Karena Setiap Siswa Yang Dapat Menjawab Benar Diwajibkan Berteriak ‘Horee!!’ Atau Yel-Yel Lainnya Yang Disukai. Model Ini Berusaha Menguji Pemahaman Siswa Dalam Menjawab Soal, Di Mana Jawaban Soal Tersebut Dituliskan Pada Kartu Atau Kotak Yang Telah Dilengkapi Nomor. Siswa Atau Kelompok Yang Memberi Jawaban Benar Harus Berteriak ‘Horee!!’ Atau Menyanyikan Yel-Yel Kelompoknya. Model Ini Juga Membantu Siswa Untuk Memahami Konsep Dengan Baik Melalui Diskusi Kelompok. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilakanakan Di Kelas IV SD 1 Jurang Dengan Subjek Penelitian 12 Peserta Didik. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Course Review Horay. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar IPA. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Adalah Analisis Data Kuantitatif Dan Deskripsi Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru Dengan Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Menunjukan Peningkatan Yang Antara Siklus I Sebesar 78,125% (Baik), Dan Siklus II Sebesar 89,065% (Sangat Baik) Di Dukung Dengan Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Pada Aspek Kognitif Terjadi Peningkatan Antara Siklus I Sebesar 58,33% Menjadi 83,33% Pada Siklus II. Pada Aspek Afektif Terjadi Peningkatan Yang Signifikan Antara Siklus I Sebesar 69,27 % (Baik) Menjadi 73,955% (Baik) Pada Siklus II. Pada Aspek Psikomotorik Terjadi Peningkatan Signifikan Antara Siklus I Sebesar 66,075% (Baik) Menjadi 72,03% (Baik) Pada Siklus II. Hal Ini Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SD 1 Jurang Kudus. Simpulan Yang Dapat Diambil Dari Penelitian Ini Adalah Model Pembelajaran Course Review Horay Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Aspek Psikomotorik, Afektif, Serta Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SD 1 Jurang Kudus. Adapun Saran Peneliti Dalam Penelitian Tindakan Kelas Ini, Yaitu, Penerapan Model Pembelajaran Yang Sesuai Karakteristik Siswa Dan Materi Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Siswa Dalam Berbagai Segi Baik Segi Kerjasama, Kekompakan, Keberanian Dan Tanggung Jawab. Selain Itu, Hasil Belajar Juga Akan Meningkat, Perlunya Menggali Pengetahuan Dengan Melakukan Berbagai Inovasi-Inovasi Pembelajaran Yang Membuat Siswa Berkesan Dan Bermakna Salah Satunya Dengan Menerapkan Model Pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Learning Outcomes Science, Natural Resources.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 24 Jun 2016 02:34
Last Modified: 24 Jun 2016 02:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5302

Actions (login required)

View Item View Item