Upaya meningkatkan prestasi belajar akuntansi melalui konseling behavioristik siswa kelas XI A IPS MA NU Raden Umar Sa’id colo Tahun pelajaran 2011/2012

Purwanti, Titik (2012) Upaya meningkatkan prestasi belajar akuntansi melalui konseling behavioristik siswa kelas XI A IPS MA NU Raden Umar Sa’id colo Tahun pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (544kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (85kB)

Abstrak

Dalam proses pembelajaran sering dijumpai beberapa siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah pada mata pelajaran tertentu. Kurangnya motivasi dan konsentrasi untuk memahami pelajaran menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan Pendekatan Konseling Behavioristik untuk membantu siswa kelas XI A IPS MA NU Raden Umar Sa’id Colo yang prestasi belajar akuntansinya rendah agar dapat meningkat. Pendekatan Konseling Behavioristik adalah cara pemberian bantuan yang diberikan oleh seorang konselor kepada konseli melalui wawancara mendalam agar konseli dapat mengubah tingkah lakunya melalui proses belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah Penerapan Konseling Behavioristik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI A IPS MA NU Raden Umar Sa’id Colo semester genap Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi, serta mengetahui efektifitas penerapan Konseling Behavioristik terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi akuntansi pada siswa kelas XI A IPS MA NU Raden Umar Sa’id Colo semester genap Tahun pelajaran 2011 2012. Manfaat penelitian : 1. Manfaat teoritis : Mengembangkan ilmu pengetahuan pada umumnya dan khususnya dalam hal layanan konseling dalam upaya meningkatkan pengalaman dan pemahaman peneliti. 2. Manfaat praktis : Memberikan masukan konselor bahwa dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling, khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pendekatan konseling behavioristik, Membantu guru untuk menyebutkan faktor-faktor penyebab prestasi belajarnya rendah dan upaya meningkatkannya, serta membantu orang tua untuk mengatasi siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitaif studi kasus, subyek penelitian yaitu tiga siswa yang prestasi belajar akuntansinya rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, dan home visit. Analisis data menggunakan analisis induktif, dan cara menganalisa data dalam penelitian ini dilakukan secara sistematis mulai dari pengumpulan data, mengklas fikasikan, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor penyebab prestasi belajar rendah pada mata pelajaran akuntansi. 1. Konseli DP faktor penyebabnya adalah motivasi belajar rendah ( Faktor Internal ), sarana dan prasarana tidak memadai, serta kurang perhatian orang tua ( Faktor Eksternal ). Perilaku yang akan diubah menggunakan konseling behavioristik dengan teknik aversion therapy adalah tidak bisa membagi waktu,terlalu sering menonton televisi dan tidak suka belajar menjadi lebih suka belajar dan mengurangi menonton televisi. 2. Konseli IZM faktor penyebabnya adalah motivasi belajar rendah ( Faktor Internal ), dan kurang memperhatikan nasehat orang tuanya ketika disuruh belajar (Faktor Eksternal). Perilaku yang akan diubah menggunakan konseling behavioristik dengan teknik imitation atau modelling adalah dari bermalas- malasan untuk belajar menjadi semangat untuk belajar. 3. Konseli NK faktor penyebanya adalah motivasi belajar rendah ( Faktor Internal ), dan kurang perhatian orang tua ( Faktor Eksternal ). Perilaku yang akan diubah menggunakan konseling behavioristik dengan teknik cover sensilization adalah tingkah laku konseli yang jarang belajar di rumah menjadi rajin belajar. Berdasarkan simpulan di atas, penulis menyampaikan saran sebagai berikut.1. Kepada kepala sekolah : Untuk dapat diadakan pertemuan periodik dengan guru-guru dan wali kelas. 2. Konselor sekolah : Dengan menggunakan Konseling behavioristik konselor diharapkan dapat membantu siswa khususnya mereka yang mengalami prestasi belajar rendah atau mengalami kesulitan belajar, dan juga membantu mengatasi berbagai permasalahan siswa yang lainnya. 3. Guru Mata Pelajaran dan Wali kelas : Memberikan perhatian yang khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar, salah satunya adalah pada mata pelajaran akuntansi, dan menindak lanjuti penelitian ini. 4. Orang Tua siswa : Hendaknya memberikan kasih sayang dan motivasi kepada anak yang berkaitan dengan pembelajaran, dan kontrol terhadap kemajuan siswa. 5. Siswa : Siswa diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar akuntansinya dengan mengubah perilaku yang salah menjadi positif dan mau bertanya kepada guru apabila mengalami kesulitan, sehingga siswa dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1. Drs Sucipto, M.Pd. Kons. Pembimbing II. Dra Sumarwiyah, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling behavioristik dan Prestasi belajar akuntansi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2012 04:01
Last Modified: 03 Dec 2012 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item