Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming Siswa Kelas V Sd 4 Besito Kudus

RAHMAWATI, AINI (2016) Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat Melalui Teknik Skimming Siswa Kelas V Sd 4 Besito Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (783kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (553kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (265kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (171kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teknik skimming dan menemukan peningkatan keterampilan membaca cepat siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca cepat kelas V SD 4 Besito. Keterampilan membaca cepat merupakan suatu keterampilan yang harus dilatih. Keterampilan membaca cepat ditingkatkan dengan menggunakan teknik skimming. Teknik skimming merupakan tindakan untuk mengambil intisari dari suatu bacaan. Siswa menggunakan skimming untuk mencari informasi khusus, dengan pemahaman secara menyeluruh. Hipotesis tindakan1) penerapan teknik skimming dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat di kelas V SD 4 Besito. 2) peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca cepat setelah menggunakan teknik skimming dalam pembelajaran meningkat. 3) peningkatan aktivitas siswa dengan diterapkannya teknik skimming dalam keterampilan membaca cepat meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 4 Besito sebanyak 19 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik skimming. Variabel terikatnya adalah keterampilan membaca cepat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif yang diperkuat dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca cepat dengan teknik skimming yang cukup signifikan antara tahap pra siklus yang mencapai rata-rata persentase (26,31%) dengan kriteria sangat kurang, siklus I (52,63%) dengan kriteria baik, dan siklus II (84,21%) dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan membaca cepat didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari skor sebesar 53% dengan kriteria baik pada siklus I, meningkat menjadi 68% pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik skimming mampu meningkatkan keterampilanmembaca cepat siswa dan aktivitas belajar siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca cepat, Bahasa Indonesia, Teknik Skimming
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 02:57
Last Modified: 25 Jun 2016 02:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item