Penerapan Model Open-Ended Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sd 5 Bae

UTOMO, NANANG SULISTYO (2016) Penerapan Model Open-Ended Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sd 5 Bae. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (96kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (446kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (628kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (871kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (64kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (71kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan menemukan peningkatan pemahaman konsep luas bangun datar siswa menggunakan model open-ended berbantuan alat peraga manipulatif. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika yang dipelajari. Peningkatan pemahaman konsep matematika dapat dilakukan melalui penerapan model open-ended. Model open-ended merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang menyajikan permasalahan dengan ragam solusi jawaban. Implementasi model open-ended dalam dapat dioptimalkan dengan berbantuan alat peraga manipulatif. Alat peraga manipulatif merupakan alat peraga yang dimanipulasi siswa dengan cara memotong, melipat, atau mengubah posisi alat peraga menjadi suatu bentuk baru. Hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah melalui penerapan model open-ended berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar siswa kelas V SD 5 Bae, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 5 Bae dengan subjek penelitian 23 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model open-ended berbantuan alat peraga manipulatif, sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep luas bangun datar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika pada materi luas daerah trapesium dan luas daerah layang-layang yang cukup signifikan antara tahap pra siklus yang mencapai rata-rata persentase (14,18%) dengan kriteria sangat kurang, siklus I (72,85%) dengan kriteria baik, dan siklus II (78,59%) dengan kriteria baik. Peningkatan pemahaman konsep matematika didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada setiap siklus. Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari skor sebesar 43,64 dengan kriteria baik pada siklus I, meningkat menjadi 51,80 pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil senada juga terlihat pada keterampilan mengajar guru yang juga mengalami peningkatan dari skor 128 dengan kriteria baik pada siklus I, meningkat menjadi 139 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model open-ended berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar, mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Eka Zuliana, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Open-Ended, Alat Peraga Manipulatif, Pemahaman Konsep Matematika, Luas Bangun Datar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 03:16
Last Modified: 25 Jun 2016 03:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5337

Actions (login required)

View Item View Item