Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhanamenggunakan Model Student Teams-Achievement Division Berbantuan Media Kartu Bergambar Kelas Iiia Sdn 2 Pelemkerep Jepara

PURNAMASARI, NOVITA (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Kalimat Sederhanamenggunakan Model Student Teams-Achievement Division Berbantuan Media Kartu Bergambar Kelas Iiia Sdn 2 Pelemkerep Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (316kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (403kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (697kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (226kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (299kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada keterampilan menulis kalimat sederhana, dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana melalui penerapan model Student Teams-Achievement Divisionsberbantuan media kartu bergambar. Keterampilan menulis kalimat sederhana merupakan suatu kegiatan yang melibatkan pikiran dan perasaan yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan yang terdiri atas klausa dan unsur-unsur yang lengkap. Keterampilan menulis kalimat sederhana ditingkatkan dengan menggunakan model Student Teams-Achievement Divisions berbantuan media kartu bergambar. Model Student Teams-Achievement Divisions(STAD)adalah pembelajaran yang dilakukan secara kelompok, diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, membimbing kelompok, kuis/evaluasi, dan rekognisi (penghargaan) kelompok. Media kartu bergambar merupakan alat untuk mempermudah siswa dalam menemukan kata berdasarkan gambar yang ada. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model STADberbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana bagi siswa kelas IIIA SDN 2 Pelemkerep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IIIA SDN 2 Pelemkerep dengan subjek penelitian adalah peneliti yang sekaligus berperan sebagai guru serta siswa kelas IIIA SDN 2 Pelemkerep sebanyak 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Student Teams-Achievement Divisions berbantuan media kartu bergambar. Sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis kalimat sederhana. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif yang diperkuat dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model STAD berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis kalimat sederhana. Hal ini dibuktikan dengan adanya indikator keberhasilan penelitian yang telah dicapai sebagai berikut. (1) Keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar87,5%dengan kriteria sangat baikdan meningkat padasiklus II menjadi 98,61% dengan kriteria sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 68,77%dengan kriteria baikdan meningkat pada siklus II menjadi 85,5%dengan kriteria sangat baik. (3) Keterampilan menulis kalimat sederhana siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baikdan meningkat pada siklus II menjadi 96% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IIIA SDN 2 Pelemkerep dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana. Peneliti memberikan saran kepada guru agar dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, dan berpusat pada siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif serta menggunakan media pembelajaran yang menarik. Bagi sekolah perlu mengadakan pelatihan tentang model pembelajaran inovatif bagi guru sehingga mutu pembelajaran meningkat. Bagi siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan memperhatikan penjelasan guru. Bagi peneliti selanjutnya, dapat memilih materi yang cocok dengan menerapkan model STAD berbantuan media kartu bergambar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana, Model Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Media Kartu Bergambar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 04:08
Last Modified: 25 Jun 2016 04:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item