PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUBTEMA BARANG DAN JASA MUATAN IPS DAN Ppkn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING (TALKING CHIPS)

HIDAYATULLAH, ANISATUN (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SUBTEMA BARANG DAN JASA MUATAN IPS DAN Ppkn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING (TALKING CHIPS). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (14MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (14MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema Barang dan Jasa muatan IPS dan PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips). Pembelajaran subtema Barang dan Jasa muatan IPS dan PPKn merupakan pembelajaran yang sistematis menyatukan muatan IPS dan PPKn ke dalam subtema Barang dan Jasa menggunakan pendekatan saintifik. Model pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips) adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk mengemukakan ide atau sanggahan terhadap masalah dalam lembar aktivitas siswa dengan menaruh satu kancing di tengah-tengah meja, hingga kancingnya habis. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah melalui penggunaan model pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips) dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan kelas IV SD Negeri 2 Dersalam. Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek penelitian yakni guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Dersalam Kudus yang berjumlah 19 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips). Sedangkan variabel terikat adalah keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 75% dengan kategori baik dan keterangan berhasil, pada siklus II memperoleh rata-rata presentase 87,50% dengan kategori sangat baik dan keterangan sangat berhasil; (2) hasil belajar siswa ranah pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 2,86 pada muatan IPS dan 2,92 pada muatan PPKn dengan persentase keberhasilan 78,94% pada muatan IPS dan 84,21% pada muatan PPKn dan pada siklus II memperoleh rata-rata klasikal 3,01 pada muatan IPS dan 3,10 pada muatan PPKn dengan persentase keberhasilan 100% pada muatan IPS dan 100% pada muatan PPKn; (3) hasil belajar siswa ranah sikap pada siklus I memperoleh rata-rata modus baik dengan persentase pencapaian indikator sebesar 65,80%, pada siklus II memperoleh rata-rata modus sangat baik dengan persentase pencapaian indikator 60,50%; (4) hasil belajar siswa ranah keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 3,75 dengan predikat sangat baik, pada siklus II memperoleh rata-rata klasikal 4,00 dengan predikat sangat baik. Simpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips) dapat meningkatkan pembelajaran Subtema Barang dan Jasa Muatan IPS dan PPKn yang meliputi keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Saran yang dapat peneliti berikan yakni model pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips) dapat dikembangkan lebih lanjut oleh sekolah dengan harapan memberikan kontribusi pemecahan masalah pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Subtema Barang dan Jasa Muatan IPS dan PPKn, Model Pembelajaran Kancing Gemerincing (Talking Chips)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 06:22
Last Modified: 25 Jun 2016 06:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item