PENGGUNAAN PUZZLE DALAM MODEL TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN JRAHI 01 PATI

Lestari, Magdalena Yuni (2016) PENGGUNAAN PUZZLE DALAM MODEL TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN JRAHI 01 PATI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (133kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (42kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (124kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (191kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (890kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (50kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (22kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (23kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Ilmu Pengetahuan Sosial Sebagai Salah Satu Bidang Studi Senantiasa Mengalami Perkembangan, Namun Tetap Tidak Dapat Mematahkan Cara Berpikir Siswa Yang Menganggap Pembelajaran IPS Adalah Menghafal, Mendengar Cerita Guru, Dan Mengerjakan Soal-Soal Sejarah Sehingga Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penggunaan Puzzle Dalam Model Two Stay Two Stray Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa, Mendeskripsikan Aktivitas Siswa Kelas IV SDN Jrahi 01, Dan Mendeskripsikan Keterampilan Guru Pada Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Puzzle Dalam Model Two Stay Two Stray. Penelitian Tindakan Kelas PTK Terdiri Dari Dua Siklus, Masing-Masing Siklus Terdiri Dari Dua Pertemuan. Setiap Siklus Terdiri Dari 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Peneliti Sebagai Guru Dan 20 Siswa Kelas IV SDN Jrahi 01 Pati. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Ialah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Tes Diuji Validitasnya Menggunakan Korelasi Product Moment, Dan Reliabilitasnya Dengan Menggunakan Rumus KR-20. Sedangkan Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Kuantitatif Dengan Analisis Statistik Deskriptif Dan Kualitatif Dengan Analisis Deskriptif. Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Keterampilan Guru Pra Siklus Memperoleh Skor Rata-Rata 52 Dengan Persentase Rata-Rata 56,5% Kategori Cukup, Meningkat Menjadi 62 Dengan Persentase Rata-Rata 67,39% Padasiklus I, Dan Menjadi 72,5 Dengan Persentase Rata-Rata 78,8% Kategori Baik Pada Siklus II. (2) Aktivitas Siswa Ranah Afektif Siklus I Memperoleh Persentase Rata-Rata Yaitu 65,63% Dan Naik Menjadi 76,32% Pada Siklus II Dengan Kategori Baik. Sedangkan Ranah Psikomotorik Mengalami Peningkatan Persentase Rata-Rata Dari 62,23% Menjadi 78,20% Pada Siklus II Dengan Kategori Baik. (3) Hasil Belajar Siswa Pra Siklus Memperoleh Nilai Rata-Rata 64,75 Dengan Persentase Ketuntasan Klasikal 50%, Meningkat Menjadi 71 Dengan Persentase Ketuntasan Klasikal 70% Pada Siklus I, Dan Pada Siklus II Menjadi 76 Dengan Persentase Ketuntasan Klasikal 85%. Berdasarkan Penelitian Ini Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Puzzle Dalam Model Two Stay Two Stray Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa, Dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Jrahi 01 Pati.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Ips, Two Stay Two Stray, Puzzle
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 06:25
Last Modified: 25 Jun 2016 06:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item