Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Honggosoco Kudus

NURANIYAH, SITI HIDAYATUN (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Kelas Iv Sd 6 Honggosoco Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (520kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (174kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV SD 6 Honggosoco Kudus, disebabkan pembelajaran yang kurang berkualitas. Bukti rendahnya hasil belajar IPS dari evaluasi ulangan harian hanya mencapai 53,33%. Penerapan contextual teaching and learning sebagai solusi meningkatkan hasil belajar IPS dengan tujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa dan menemukan peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SD 6 Honggosoco Kudus. Contextual teaching and learning merupakan pembelajaran yang menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari melalui tahap konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Materi pembelajaran penelitian adalah kegiatan ekonomi yang merupakan upaya pembangunan ekonomi dilakukan manusia melalui pemanfaatan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup yang makmur. contextual teaching and learning sesuai untuk pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni guru (peneliti) dan 15 siswa kelas IV SD 6 Honggosoco Kudus. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 70,50% dengan kualifikasi “tinggi” dan pada siklus II mengalami peningkatan 84% dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Aktivitas siswa siklus I mencapai 62,46% dengan kualifikasi “tinggi” dan siklus II meningkat 72,79% dengan kualifikasi “tinggi”. Hasil belajar siswa siklus I mencapai 73,33% dengan kualifikasi “baik” dan siklus II meningkat 100% dengan kualifikasi “sangat baik”. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model contextual teaching and learning pada materi kegiatan ekonomi siswa kelas IV di SD 6 Honggosoco Kudus membuat guru semakin berkualitas membelajarkan siswa, siswa semakin aktif dan hasil belajar IPS siswa meningkat. Saran bagi guru diharapkan penelitian contextual teaching and learning ini digunakan sebagai alternatif meningkatkan hasil belajar IPS SD. Bagi sekolah diharapkan penelitian contextual teaching and learning ini digunakan sebagai pembinaan bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi siswa diharapkan mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan berani mengemukakan ide/pendapat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Imaniar Purbasari S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Contextual Teaching and Learning (CTL), Kegiatan Ekonomi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Jun 2016 06:32
Last Modified: 25 Jun 2016 06:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item