Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sd 1 Wates Tahun Ajaran 2014/2015

WICAKSONO, KHARISMA BUDI (2016) Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas V Sd 1 Wates Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (252kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (596kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (198kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (101kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (652kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Adalah: 1. Mendiskripsikan Pemahaman Tentang Kepedulian Lingkungan Pada Siswa Kelas V SD 1 WATES Tahun Ajaran 2014/2015. 2. Melakukan Tindakan Bimbingan Dan Konseling Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Pada Siswakelas V SD 1 WATES Tahun Ajaran 2014/2015. Teori Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Kepedulian Lingkungan Sekolah Dan Teori Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi. Kepedulian Lingkungan Sekolah Adalah Dorongan Yang Di Miliki Diri Seseorang Untuk Menjada Memelihara Dan Memperhatikan Keadaan Yang Di Sekolah Baik Untuk Mempengruhi Binatang Dan Tumbuh-Tumbuhan. Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Adalah Layanan Bimbingan Dan Konseling Yang Diberikan Kepada Siswa Untuk Memperoreh Informasi Baru Dan Pengetahuan Serta Pemahaman Tentang Lingkugan Untuk Proses Perkembangannya Dan Teknik Simulasi Merupakan Refleksi Dari Kegitan Nyata. Hipotesis Dalam Penelitian Ini Adalah Melalui Layanan Informasi Teknik Dengan Simulasi Dapat Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V SD 1 Wates Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Dan Konseling Yang Terdiri Dari 2 Siklus Dengan Tiap Siklus Terdiri Dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi Tiap Siklus Terdiri Dari 3 Pertemuan. Subjek Yang Diteliti Sebanyak 10 Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Variabel Penelitian Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi (Variable Bebas) Dan Kepedulian Lingkungan Sekolah (Variable Terikat). Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Oleh Peneliti Adalah Metode Observasi, Wawancara, Dan Metode Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Deskripsi Kualitatif. Hasil Penelitian Pada Pra Layanan Memperoleh 39% Dalam Kategori Rendah. Pada Siklus I Pertemuan I Memperoleh Nilai Rata-Rata 23,5 Atau 47% Dan Dikategorikan Rendah. Pertemuan II Memperoleh 24,9 Atau 50% Dan Dikategorikan Rendah. Pertemuan III Memperoleh 27,8 Atau 56% Dan Dikategorikan Cukup. Pada Siklus II Pertemuan I Memperoleh Nilai Rata-Rata 33 Atau 66% Dan Dikategorikan Cukup. Pertemuan II Memperoleh 36,5 Atau 73% Dan Dikategorikan Baik. Pertemuan III Memperoleh 42 Atau 83% Dan Dikategorikan Sangat Baik. Pada Saat Setelah Diberikan Layanan Memperoleh 73% Dengan Kategori Baik. Dengan Demikian Dapat Disimpulkan Bahwa Pemberian Layanan Informasi Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas V SD 1 Wates. Berdasarkan Hasil Penelitian, Maka Dapat Diajukan Saran Kepada : 1. Kepala Sekolah Diharapkan Turut Mengawasi Kepedulian Lingkungan Sekolah Bagi Siswa, Oleh Karena Itu Kepala Sekolah Perlu Mengadakan Pertemuan Secara Berkala Dengan Guru Kelas Untuk Membahas Kepedulian Lingkungan Sekolah Bagi Siswa. 2. Bagi Guru Memberikan Pemahaman Bagi Siswa Mengenai Kepedulian Lingkungan Sekolah Sehingga Guru Mejadi Nyaman Berada Di Sekolah Melakukan Kebersihan Secara Rutin. 3. Bagi Siswa Dengan Menggunakan Teknik Simulasi Siswa Berperan Langsung Dalam Melakukan Kepedulian Sekolah Sehingga Siswa Memahami Apa Yang Telah Ia Lakukan Serta Pemahaman Mereka Diharapkan Dapat Meningkat Dan Melakukan Kegiatan Kepedulian Lingkungan Sekolah Secara Rutin. 4.Peneliti Dapat Memberikan Ilmu Pengetahuan Dan Pengalaman Sebagai Seorang Calon Guru Atau Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Dan Konseling, Khususnya Kepedulian Lingkungan Sekolah Menggunakan Teknik Simulasi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Agung Slamet K,S.Pd,M.Pd,Kons
Uncontrolled Keywords: Kepedulian Lingkungan Sekolah, Layanan Informasi Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 06:36
Last Modified: 25 Jun 2016 06:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item View Item