Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Denganteknik Sosiodrama Sma Muhamadiyah Kudus Tahun Ajaran 2014 / 2015

RATNAWATI, RESA BUDI (2016) Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Denganteknik Sosiodrama Sma Muhamadiyah Kudus Tahun Ajaran 2014 / 2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (212kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (444kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (785kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (184kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka)
Download (118kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk 1. Mendiskripsikan Kecerdasan Emosional Siswa Sebelum Dan Sesudah Mendapat Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas XI IPA2, 2. Diperolehnya Peningkatan Kecerdasan Emosional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas XI IPA2 . Kecerdasan Emosional Yakni Kemampuan Memotivasi Diri Sendiri,Mengatasi Frustasi,Mengontrol Desakan Hati,Mengatur Suasana Hati,Berempati Serta Kemampuan Kerja Sama. Berinteraksi Dengan Teman Sebaya Adalah Rasa Kebersamaan Dan Kesetiakawanan Dari Kelompok Remaja Yang Memiliki Kematangan,Usia,Kelas,Dan Motivasi Bergaul Yang Hampir Sama Dalam Mencapai Tujuan Dan Keinginan Yang Sama. Bergaul Atau Berinteraksi Dengan Teman Sebaya Ditandai Dengan Adanya Kepedulian,Saling Memberi Bantuan Dan Kesukarelaan Berkorban Terhadap Masalah Atau Kesulitan Orang Lain.Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Adalah Proses Pemberian Informasi Dan Bantuan Yang Diberikan Oleh Konselor Pada Sekelompok Orang Melalui Dinamika Kelompok Dengan Mendramatisasikan Suatu Situasi Sosial Yang Mengandung Suatu Problem,Guna Mencapai Tujuan Tertentu, Yaitu Untuk Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Terutama Dalam Memberi Atau Menerima Pendapat Orang Lain,Memberikan Kesempatan – Kesempatan Pada Siswa Belajar Hal – Hal Penting Yang Berguna Bagi Pengarahan Dirinya Berkaitan Dengan Masalah Sosial Dan Pendidikan. Hipotesis Dari Penelitian Ini Adalah Adanya Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Soiodrama SMA Muhammadyah Kudus Tahun 2014-2015. Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling Dilaksanakan Di Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyahkudus Dengan Subjek Penelitian 8 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Sedangkan Variabel Terikat Adalahkecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya.Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan Hasil Penelitian Pra Siklus Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Menunjukkan Skor Rata-Rata 20 Dengan Persentase 40% Dalam Kategori Kurang. Pada Siklus I Pertemuan 1 Skor Rata-Rata 23 Dengan Persentase 46% Dalam Kategori Kurang,Siklus I Pertemuan 2 Skor Rata-Rata 25 Dengan Persentase 50% Dalam Kategori Kurang,Siklus I Pertemuan 3 Skor Rata-Rata 30 Dengan Persentase 59% Dalam Kategori Cukup. Siklus I Pemahaman Kecerdasan Emosional Siswa Bergaul Dengan Teman Sebaya Menunjukkan Skor Rata-Rata 30 Dengan Persentase 59% Dalam Kategori Cukup Sedangkan Pada Siklus II Pertemuan 1 Skor Rata-Rata 36 Dengan Persentase 72% Dalam Kategori Baik, Siklus II Pertemuan 2 Skor Rata-Rata 42 Dengan Persentase 84% Dalam Kategori Baik, Dan Siklus II Pertemuan 3 Skor Rata-Rata 43 Dengan Persentase 86% Dalam Kategori Sangat Baik.Siklus II Pemahaman Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Menunjukkan Skor Rata-Rata 43 Dengan Persentase 86% Dalam Kategori Sangat Baik. Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dari Pra Siklus Dengan Skor Rata-Rata 20 Dan Persentase 40% Ke Siklus II Dengan Skor Rata-Rata 43 Dan Persentase 86%, Deengan Demikian Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dlam Bergaul Dengan Teman Sebaya Terjadi Peningkatan Skor Rata-Rata 23 Dan Persentase 46%. Berdasarkan Hasil Pembahasan Dan Analisis Data Peneliti Dapat Menyimpulkan Bahwa Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dapat Meningkatkan 68% Kecerdasan Emosional Siswa Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya, Dengan Demikian Hipotesis Yang Diajukan Dapat Diterima Karena Telah Memenuhi Indikator Keberhasilan. Melihat Temuan Dilapangan, Peneliti Memberikan Saran Kepada : 1. Kepada Kepala Sekolah SMA Muhamadiyah Kudus, Diharapkan Dapat Memberikan Kebijakan Yang Mendukung Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di SMA Muhamadiyah Kudus, 2. Kepadaguru BK (Konselor) SMA Muhamadiyah Kudus, Diharapkan Dapat Membantu Siswa Dalam Menghadapi Masalah-Masalah Yang Berkaitan Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Dlam Bergaul Dengan Teman Sebya, 3. Kepada Siswa SMA Muhamadiyah Kudus, Diharapkan Dengan Adanya Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswadalam Bergaul Dengan Teman Sebaya, 4. Kepadapeneliti, Diharapkan Dapat Menggunakan Penelitian Ini Sebagai Latihan Mengembangkan Wawasan, Menambah Pengetahuan Dalam Melaksanakan Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Hj.Sutarti,SE.MM
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Dalam Bergaul Dengan Teman Sebaya.Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 07:02
Last Modified: 25 Jun 2016 07:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item