HasilBelajar IPS, PerkembanganTeknologiProduksi, KomunikasidanTransportasi, Model Example Non-Example

PRATIWI, EKA (2015) HasilBelajar IPS, PerkembanganTeknologiProduksi, KomunikasidanTransportasi, Model Example Non-Example. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_awal.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BABII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BABIII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BABIV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BABV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BABVI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Accepted Version

Download (618kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa PKn materi globalisasi melalui penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle di kelas IV SD 2 Karangampel Kudus. Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami ativitas belajar yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.Model Inside Outside Circlemerupakan siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dan berubah-ubah dengan singkat dan teraturnamun tetap memiliki tanggung jawab individu sehingga tidak ada siswa yang pasif. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah peningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa serta hasil belajar PKn materi globalisasi yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran Inside Outside Circle pada kelas IV SD 2 Karangampel Kudus.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Karangampel Kudus dengan subjek penelitian 17 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari duapertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Inside Outside Circle, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar PKn materi globalisasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Inside Outside Circledapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belaajr siswa serta hasil belajar siswa. Dibuktikan dalam guru mengelola pembelajaran pada siklus I ke siklus II dari presentase 82,5% menjadi 88,7% dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Peningkatan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II yaitu dari 70% menjadi 86% dengan kriteria baik. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II yaitu dari 60,76 menjadi 76% dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 53% menjadi 88%. Simpulan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu penerapan model Inside Outside Circledapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi di kelas IV SD 2 Karangampel Kudus.Disarankan kepada guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan cara berpikir dan kreativitas siswa sesuai dengan kemampuan siswa tersebut

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Inside Outside Circle
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Jun 2016 07:26
Last Modified: 25 Jun 2016 07:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5368

Actions (login required)

View Item View Item