Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologikelas Iv Sdn 02 Tahunan Jepara

NANNY, USRIYA (2015) Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologikelas Iv Sdn 02 Tahunan Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (505kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (262kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (682kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (182kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SDN 02 Tahunan Jepara setelah menerapkan model Numbered Head Together. Model Numbered Head Together adalah suatu model pembelajaran yang merupakan variasi dari diskusi kelompok dengan setiap siswa dalam kelompok tersebut mendapatkan nomor selama pembelajaran berlangsung dan mendapatkan pertanyaan untuk didiskusikan bersama kemudian saling berbagi pendapat atau gagasan dalam meningkatkan pemahaman siswa.Hasil belajar IPS merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses belajar mengajar IPS serta kemampuan yang dimiliki siswa dari suatu interaksi tindak belajar dan mengajar yang berupa hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Tahunan Jepara dengan subjek penelitian guru dan 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 77,66% dengan kualifikasi baik dan siklus II memperoleh persentase 83,33 % dengan kualifikasi baik, nilai hasil belajar ranah kognitif siklus 1 memperoleh ketuntasan klasikal 72,41% dan siklus II sebesar 86,21%, nilai persentase klasikal hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 67,22% dan siklus II sebesar 78,68%, nilai persentase klasikal hasil belajar ranah psikomotorik siklus I sebesar 66,88% dan siklus II sebesar 77,19%. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 02 Tahunan Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Tahunan Jeparadapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswapada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Saran dalam penelitian ini, diharapkan siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan menanamkan rasa percaya diri, tidak takut bertanys maupun mengeluarkan pendapat agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 07:43
Last Modified: 25 Jun 2016 07:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5369

Actions (login required)

View Item View Item