Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Pada Siswa Kelas VIII Smp N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun 2016

ROHMAN, TAUFIQUR (2016) Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Pada Siswa Kelas VIII Smp N 1 Kalinyamatan Jepara Tahun 2016. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (657kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (448kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (676kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (259kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (98kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk: 1). Mendiskripsikan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Sebelum Dan Sesudah Mendapatkan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 .2) Untuk Menemukan Peningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Setelah Diberi Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Underachiever Adalah Kesenjangan Antara Potensi Akademik Dengan Hasil Prestasinya Sehingga Menimbulkan Kondisi Dimana Seseorang Tidak Dapat Mencapai Hasil Belajar Sesuai Dengan Potensi Yang Dimilikinya. Bimbingan Kelompok Adalah Salah Satu Layanan Bimbingan Bimbingan Yang Memungkinkan Peserta Diidk (Klien) Memperoleh Kesempatan Untuk Pembahasan Dan Pengentasan Permasalahan Yang Dialaminya Melalui Dinamika Kelompok. Peer Group Atau Kelompok Sebaya Adalah Kelompok Siswa Sebaya Yang Sukses Di Mana Ia Dapat Berinteraksi. Maka Hipotesis Yang Peneliti Buat Adalah Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Dapat Meningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Pada Siswa Kelas VIII SMP 1 Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/1015. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Bimbingan Dengan Subjek Yang Diteliti Adalah 8 Siswa Kelas VIII SMP 1 Kalinyamatan Yang Memiliki Minat Belajar Rendah (Underachiever). Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Adalah Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group, Sedangkan Variabel Terikata Yaitu Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever). Dengan Demikian Peneliti PTBK Dalam Pelaksanaan Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok Yang Akan Dilaksanakan Dengan 2 Siklus Yang Setiap Siklus Terdiri Dari 3 Pertemuan. Teknik Pengumpulan Data Mengunakan Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Dilakukan Pada Penelitian Ini Adalah Deskriptif Kualitatif Untuk Menganalisi Data.Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan Dan Bimbingan Dilakukan Melalui 2 Siklus (Siklus I Dan Siklus II) Setiap Siklus 3 Kali Pertemuan Membahas 3 Materi Dengan Alokasi Waktu 45 Menit. Data Diperoleh Dari Observasi Dilakukan Secara Langsung Bersama Kolaborator. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Sebelum Diberikan Layanan Adalah 26% (Sangat Rendah) Dari Jumlah Skor 107, Oleh Karena Itu Rendahnya Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Namun, Setelah Diberikan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Siklus 1 Terjadi Peningkatan Sebesar 16% Dari 26%, Yaitu Senilai 42% (Rendah) Dari Jumlah Skor 427. Selanjutnya Pada Siklus 2 Peningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Yaitu Sebesar 29% Dari 43% Siklus 1, Menjadi 71% (Tinggi) Dari Jumlah Skor 769. Jadi Peningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) 45% Dari Pra Layanan 26% (Sangat Rendah) Sampai Siklus 2 Menjadi 71% (Tinggi). Peningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Berdasarkan Hasil Pembahasan Dan Analisis Data, Peneliti Dapat Menyimpulkan Bahwa Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Dapat Meningkatan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Pada Kelas VIII SMP 1 Kalinyamatan Jepara. Dengan Demikian Hipotesis Yang Diajukan Dapat Diterima Karena Telah Memenuhi Indikator Keberhasilan. Melihat Temuan Dilapangan, Peneliti Memberikan Saran Kepada : 1. Bagi Kepala Sekolah, Hasil Penelitian Nantinya Akan Sangat Berguna Bagi Para Stokholder Sekolah Utamanya Adalah Kepala Sekolah Dalam Mengambil Kebijakan Sekolah Khususnya Berkaitan Dengan Layanan Bimbingan Dan Bimbingan Kelompok, 2 Bagi Guru Pembimbing, Dapat Digunakan Guru Pembimbing Sebagai Bahan Acuan Dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan Dan Bimbingan Kelompok Dengan Sungguh Dan Bisa Digunakan Sebagai Alternatif Dalam Mengarahkan Siswa, 3.Bagi Peserta Didik, Melalui Hasil Penelitian Ini Diharapkan Dapat Dijadikan Upaya Pencegahan Agar Siswa Tidak Mengalami Underachiever. Sedangkan Bagi Siswa Yang Mengalami Underachiever Mendapat Penanganan Yang Sesuai Faktor Penyebabnya, 4 Bagi Peneliti Berikutnya Peneliti Menyadari Masih Ada Kerendahan Pada Beberapa Bagian Proses Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group. Untuk Itu Diharapkan Bagi Para Peneliti Yang Berkenan Melanjutkan Pengembangan Pemberian Tindakan Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever) Agar Lebih Selektif Dan Lebih Baik Untuk Diberikan Pada Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Hj.Sutarti, SE.MM
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa Berbakat Berprestasi Rendah (Underachiever), Layanan Bimbingan Kelompok dan Peer Group.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 07:54
Last Modified: 25 Jun 2016 07:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5370

Actions (login required)

View Item View Item