Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Tubuh Manusia Melalui Model Inside Outside Circle Bermedia Audiovisual Muatan Bahasa Indonesia Dan Ppkn

NAFI’AH, ROSYIDAH DURROTUN (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Tubuh Manusia Melalui Model Inside Outside Circle Bermedia Audiovisual Muatan Bahasa Indonesia Dan Ppkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (833kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (692kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (643kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (196kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (38MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema tubuh manusia melalui model inside outside circle bermedia audiovisual muatan Bahasa Indonesia dan PPKn pada siswa kelas V SD 1 Bacin Kudus. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar sebagai bukti keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Model inside outside circle bermedia audiovisual yaitu rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung untuk saling bertukar inofrmasi mengenai materi yang diajarkan melalui kartu informasi yang diterima dan setelah siswa bertukar informasi guru menayangkan media audiovisual berupa video untuk menarik perhatian siswa dalam belajar dan membantu memudahkan siswa memahami materi yang sedang diajarkan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu ada peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran subtema tubuh manusia melalui model inside outside circle bermedia audiovisual muatan Bahasa Indonesia dan PPKn serta ada peningkatan hasil belajar siswa pada subtema tubuh manusia melalui model inside outside circle bermedia audiovisual muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD 1 Bacin Kudus dengan subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model inside outside circle bermedia audiovisual. Sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada subtema tubuh manusia muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata persentase 75% dengan kategori tinggi dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata persentase 83,25% dengan kategori sangat tinggi. Ketuntasan nilai hasil belajar siswa pada subtema tubuh manusia siklus I muatan Bahasa Indonesia (66,67%), muatan PPKn (75%), dan siklus II muatan Bahasa Indonesia (91,67%), muatan PPKn (100%), didukung dengan peningkatan sikap ranah afektif siklus I 66,67% (tinggi) menjadi 83,33% (sangat tinggi) siklus II, sikap ranah sosial mencapai 100% (sangat tinggi) pada siklus I dan siklus II, dan keterampilan siswa pada siklus I 50% (sedang) dan pada siklus II 100% (sangat tinggi). Hal itu membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada subtema tubuh manusia melalui model inside outside circle bermedia audiovisual muatan Bahasa Indonesia dan PPKn kelas V SD 1 Bacin. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Bacin dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada subtema tubuh manusia melalui model inside outside cirle bermedia audiovisual muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Untuk itu, disarankan dalam menerapkan model inside outside cirle bermedia audiovisual guru harus mengatur waktu dengan baik saat siswa bertukar informasi dan memberikan kartu informasi yang mengarah pada pemahaman konsep materi yang diajarkan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sucipto, M.Pd.Kons
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Subtema Tubuh Manusia, Model Inside Outside Circle Bermedia Audiovisual, Muatan Bahasa Indonesia dan PPKn.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 08:10
Last Modified: 25 Jun 2016 08:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item