Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Pasuruhan Kidul

LUTHFIYYAH, - (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Melalui Model Example Non Example Pada Siswa Kelas Iv Sdn 1 Pasuruhan Kidul. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (746kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (310kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (704kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (268kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Daam Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pasuruhan Kidul Dengan Diterapkannya Model Example Non Example. Hasil Belajar Merupakan Pencapaian Tujuan Pembelajaran Sebagai Akibat Dari Keikutsertaan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Yang Mengakibatkan Perubahan Pada Siswa. Model Example Non Example Adalah Model Pembelajaran Yang Berfokus Pada Penggunaan Kelompok Kecil Siswa Untuk Bekerja Sama Dengan Menggunakaan Contoh-Contoh Yang Dapat Diperoleh Dari Kasus Atau Gambar Yang Relevan Dengan Kompetensi Dasar. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Model Example Non Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Pasuruhan Kidul. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di SDN 1 Pasuruhan Kidul Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pasuruhan Kidul Jumlah Siswa Sebanyak 18 Siswa, Terdiri Dari 11 Siswa Laki-Laki Dan 7 Siswa Perempuan. Penelitian Ini Melalui 2 Siklus, Setiap Siklusnya Terdiri Dari Dua Kali Pertemuan. Setiap Siklus Meliputi 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Berupa Observasi, Tes, Wawancara Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penggunaan Model Example Non Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Tumbuhan Dan Fungsinya, Keterampilan Guru, Dan Aktivitas Siswa IV Di SDN 1 Pasuruhan Kidul . Hal Ini Dapat Dilihat Dari Tercapinya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1) Persentase Ketuntasan Hasil Belajar Klasikal Pada Tes Evaluasi Siklus I 62,5% Meningkat Menjadi 94% Pada Tes Evaluasi Siklus II Dengan Peningkatan Nilai Rata-Rata Kelas Pada Siklus I 70,31 Menjadi 82,05 Pada Siklus II. (2) Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran IPA Pada Siklus I Memperoleh Nilai 74 Dengan Kualifikasi “Baik” Dan Meningkat Pada Siklus II Menjadi 88 Dengan Kualifikasi “Sangat Baik”. (3) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Nilai 65 Dengan Kualifikasi “Baik” Meningkat Pada Siklus II Menjadi 81 Dengan Kualifikasi “Baik”. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Example Non Example Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Keterampilan Guru Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Pasuruhan Kidu. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Aktif Dan Menumbuhkan Sikap Positif Dalam Belajar Agar Dapat Meraih Hasil Belajar Yang Baik. Bagi Guru, Hendaknya Merencanakan Model Pembelajaran Dan Media Yang Dapat Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran. Bagi Peneliti Diharapkan Dapat Mengembangkan Penelitian Dengan Model Pembelajaran Yang Lain, Sehingga Kualitas Pembelajaran Di Kelas Semakin Meningkat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Example Non Example
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Jun 2016 08:18
Last Modified: 25 Jun 2016 08:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5372

Actions (login required)

View Item View Item