Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Muatan Ipa Dan Ips Kelas Iv Di Sdn 1 Menganti

MUKHIBBY, - (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Muatan Ipa Dan Ips Kelas Iv Di Sdn 1 Menganti. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (516kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (612kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (463kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (727kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (118kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (182kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran subtema pekerjaan orang tuaku muatan IPA dan IPS kelas IV di SDN 1 Menganti Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan guru pada pembelajaran subtema pekerjaan orang tuaku muatan IPA dan IPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada subtema pekerjaan orang tuaku pada muatan IPA dan IPS. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang siginifikan. Hasil belajar pengetahuan siswa muatan IPA pada kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 39,13% dengan rata-rata 2,43 meningkat pada siklus I menjadi 52,17% dengan rata-rata 2,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,16% dengan rata-rata 3,06. Hasil belajar pengetahuan siswa muatan IPS pada kondisi awal mendapat ketuntasan klasikal sebesar 16,09% dengan rata-rata 2,39 meningkat pada siklus I menjadi 43,48% dengan rata-rata 2,6 dan pada siklus II menjadi 82,16% dengan rata-rata 3,06. Hasil belajar sikap spiritual siswa pada siklus I mendapat rata-rata 2 dengan kriteria ”cukup” meningkat pada siklus II menjadi 3,67 dengan kriteria “baik”. Hasil belajar sikap sosial siswa pada siklus I mendapat rata-rata 2 dengan kriteria “ cukup “ dan meningkat pada siklus II menjadi 3,67 dengan kriteria “ baik “. Hasil belajar keterampilan siswa pada siklus I mendapat rata-rata 2,2 dengan kriteria “ cukup “dan meningkat pada siklus II menjadi 3,87 dengan kriteria “sangat baik”. Pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 1,7 dengan kriteria “ kurang baik” dan meningkat pada siklus II menjadi 2,97 dengan kriteria “baik”. Simpulan penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatan hasil belajar pada subtema pekerjaan orang tuaku pada muatan IPA dan IPS. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi lebih efektif lagi yaitu dengan memadukan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan metode lain yang sesuai. Tentunya dengan memperhatikan sintak pembelajaran dan memperhatikan karakteristik mata pelajaran atau jenis materi yang akan diajarkan

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 01:28
Last Modified: 27 Jun 2016 01:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item View Item