PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS

MUSFIROH, - (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD 6 GETASSRABI GEBOG KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (371kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (509kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (338kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (141kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (197kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmendeskripsikanketerampilan Guru Danpeningkatanhasilbelajaripsdenganpenerapanmodel Mind Mappingpadamateripermasalahansosialkelas IV SD 6 Getassrabi. Hasilbelajarhasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Siswa Setelah Mengalami Ativitas Belajar Yang Dilihat Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor.Model Mind Mappingmerupakan Model Yang Menekankanpadaketerlibatansiswauntukmemahamimateri, Menemukan Kata Kunci, Kemudiandiringkasmenjadimind Mapmenarik Yang Dapatmengasahpengetahuandankreativitassiswa. Penelitiantindakankelasdilaksanakan Di Kelas IV SD 6 Getassrabidengansubjekpenelitian Guru Dan30siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, Setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Danrefleksi.Variabelbebasadalah Model Mind Mapping.Sedangkanvariabelterikatadalahhasilbelajarips.Teknikpengumpulandata Dalampenelitianiniterdiridariwawancara, Observasi, Tes, Dandokumentasi.Instrumendalampenelitianiniyaitupedomanobservasi, Soalteshasilbelajarsiswa, Danpedomanwawancara. Teknikanalisis Datadalampenelitianiniadalahteknikanalisis Data Kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianterjadipeningkatanketerampilan Guru Mengelolapembelajarandenganpenerapan Model Mind Mappingpadasiklus I Kesiklusii, Daripersentase65,95% (Baik) Menjadi 83,19% (Sangatbaik). Hasilbelajar IPS Siswajugamengalamipeningkatan.Diperolehketuntasanhasilbelajarpengetahuansiswapadasiklusi Kesiklus II Daripersentase 68,33% (Cukup) Menjadi75.33% (Baik). Hasilbelajarsikapsiswasiklus I Kesiklus II Daripersentase64% (Cukup) Menjadi 76% (Baik). Hasilbelajarketerampilansiswajugameningkatdarisiklus I Kesiklus II Denganpersentase 63% (Cukup) Menjadi75,30% (Baik). Simpulanpenelitianinibahwa Model Mind Mappingdapatmeningkatkanketerampilan Guru Danhasilbelajaripsmateripermasalahansosialpadasiswakelas IV SD 6 Getassrabi. Untukitudisarankandalammenerapkanmodel Mind Mappinglebihmemperhatikanwaktudanmemahamilangkah-Langkahnyasehingga Proses Pembelajaran Yang Dilaksanakanlebihmaksimaldansiswalebihaktifterlibatdalampembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. MASTURI, MM
Uncontrolled Keywords: Modelmind Mapping, Hasil Belajar IPS, Permasalahansosial.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 01:44
Last Modified: 27 Jun 2016 01:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item