Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Materi Sifatdan Wujud Benda Kelas Iv Sd 3 Mijen

JAUHAROH, DIAH ZULFATUL (2016) Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Materi Sifatdan Wujud Benda Kelas Iv Sd 3 Mijen. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (610kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (666kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (330kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ada di SD 3 Mijen kelas 4 yaitukualitas pembelajaran rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model Project Based Learning dan menemukan peningkatan pembelajaran IPA materi sifat dan wujud benda siswa kelas IV SD 3 Mijen. Pembelajaran adalah proses pengelolaan suatu kelas untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran dapat diukur melalui indikator kualitas pembelajaran meliputi sikap siswa, kecakapan siswa (social dan personal), kecakapan akademik, kinerja guru, motivasi belajar, fasilitas pembelajaran, dan iklim kelas. Indikator tersebut dapat diukur melalui instrumen yang relevan. Model Project Based Learning merupakan salah satu cara penyajian pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk mengerjakan sebuah proyek serta memberikan kesempatan siswa untuk bekerja secara mandiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Mijen dengan subjek penelitian 24 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model Project Based Learning. Variabel terikat adalah pembelajaran IPA materi sifat dan wujud benda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menggunakan model Project Based Learning menunjukkan adanya perkembangan dari 8indikator kualitas pembelajaran materi sifat dan wujud benda. Sikap siswa siklus I memperoleh persentase 67% kriteria baik, siklus II memperoleh persentase 77,6% kriteria baik. Kecakapan siswa pada siklus I memperoleh persentase 71,87% kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 87,5% dengan kriteria sangat baik. Kecakapan akademik dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model Project Based Learning pada siswa kelas IV di SD 3 Mijen ada dua yaitu penilaian proyek dan tes tertulis. Untuk penilaian proyek pada siklus I memperoleh persentase 68,75% kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 83,3% kriteria baik. Pada tes tertulis siklus I memperoleh 54% kriteria kurang, siklus II memperoleh 79,1% kriteria baik. Kinerja guru pada siklus I memperoleh persentase 71,25% kriteria baik, siklus II memperoleh persentase 88,75% kriteria sangat baik. Motivasi belajar IPA dengan menerapkan model Project Based Learning pada siswa kelas IV di SD 3 Mijen pada siklus I memperoleh persentase 63% kriteria cukup, siklus II memperoleh persentase 93,75% kriteria sangat baik. Fasilitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model Project Based Learning pada siswa kelas IV di SD 3 Mijen siklus I memperoleh persentase 68% kriteria baik, siklus II memperoleh persentase 84,75% kriteria baik. Iklim kelas dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model Project Based Learning pada siswa kelas IV di SD 3 Mijen pada siklus I memperoleh persentase 67,5% kriteria baik, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase 87,5% kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model Project Based Learning pembelajaran IPA kelas IV SD 3 Mijen kabupaten Kudus meningkat dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan peneliti. Penulis menyarankan pada siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran serta lebih berkonsentrasi ketika pembelajaran. Penulis menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih maksimal dalam persiapan agar pelaksanaan dan penelitian sesuai dengan apa yang diharapkandan penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mengembangkan penelitian pada materi yang lebih luas dan dapat diterapkan pada jenjang kelas yang berbeda.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Pembelajaran, Sifat dan Wujud Benda.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 02:02
Last Modified: 27 Jun 2016 02:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5378

Actions (login required)

View Item View Item