Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Subtema Indonesiaku Bangsa Yang Kaya Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd 1 Kandangmas Dawe Kudus

WULANDARI, SULUNG DYAH (2015) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Subtema Indonesiaku Bangsa Yang Kaya Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd 1 Kandangmas Dawe Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (768kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (638kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (557kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (734kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Peningkatan Hasil Belajar Group Investigation Subtema Indonesiaku, Bangsa Yang Kaya Muatan IPA Dan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di SD 1 Kandangmas. Pembelajaran Dengan Model Group Investigation Terdiri Dari Enam Tahap. Tahap 1: Seleksi Topik Dan Mengatur Murid Ke Dalam Kelompok 2: Perencanaan Kerjasama, Tahap 3: Implementasi, Tahap 4: Analisis Dan Sintesis 5: Penyajian Hasil Akhir 6: Evaluasi. Hasil Belajar Subtema Indonesiaku Bangsa Yang Kaya Muatan IPA Dan Bahasa Indonesia Adalah Perubahan Kemampuan Siswa Berupa Pencapaian Hasil Dari Proses Belajar Subtema Indonesiaku Bangsa Yang Kaya. Subjek Penelitian Berjumlah 14 Siswa, Terdiri Atas 5 Siswa Laki-Laki Dan 9 Siswa Perempuan. Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilakukan Selama 2 Siklus. Setiap Siklusnya Dilakukan Selama 3 Kali Pertemuan. Prosedur Penelitian Masing-Masing Siklus Dilakukan Melalui Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Data Sikap Siswa, Keterampilan Siswa Dan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Didapat Melalui Lembar Observasi, Sedangkan Data Hasil Belajar Siswa Diperoleh Melalui Tes Pilihan Ganda. Hasil Yang Diperoleh Dari Penelitian Tindakan Kelas Ini Meliputi Hasil Belajar Dengan Rata-Rata Klasikal Siklus I Muatan IPA Sebesar 3,05 Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Menjadi 3,27 Dan Pada Rata-Rata Klasikal Siklus I Muatan Bahasa Indonesia Sebesar 3,52 Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Menjadi 3,52. Adapun Sikap Siswa Diperoleh 1,86 Pada Siklus I Pertemuan I Dengan Kriteria C- Dan Meningkat Menjadi 3 Pada Siklus II Pertemuan I Dengan Kriteria B- Meningkat. Keterampilan Siswa Diperoleh 1,55 Pada Siklus 1 Dengan Kriteria C Dan Meningkat Menjadi 3,62 Dengan A-. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Diperoleh 1,86 Dengan Kriteria C Pada Siklus I Dan Meningkat Menjadi 3,06 Dengan Kriteria Baik Pada Siklus II. Berdasarkan Hasil Tersebut Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Group Investigation Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pekerjaan Orang Tuaku Muatan IPA Dan Bahasa Indonesia Kelas IV SD 1 Kandangmas Kudus. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Hendaknya Siswa Dapat Lebih Aktif Dalam Mengikuti Pembelajaran Serta Model Group Investigation Dapat Dijadikan Alternatif Solusi Bagi Guru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Group Investigation, Ipa, Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 01:53
Last Modified: 27 Jun 2016 01:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5379

Actions (login required)

View Item View Item