Hasil Belajar, Model Group Investigation, Ipa, Bahasa Indonesia.

WIDYATMOKO, HERWIN (2016) Hasil Belajar, Model Group Investigation, Ipa, Bahasa Indonesia. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (612kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (630kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (232kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (20kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (100kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Dilatarbelakangi Rendahnya Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SDN Wirun Pati. Rendahnya Hasil Belajar Disebabkan Karena Pembelajaran Kurang Maksimal Dan Masih Menggunakan Cara Konvensional Yang Didominasi Dengan Metode Ceramah. Berdasarkan Latar Belakang Tersebut Peneliti Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions)Dalam Pembelajaran Pknpada Siswa Kelas IV SDN Wirun, Mendeskripsikan Aktivitas Siswa Setelah Diterapkan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dalam Pembelajaran Pkn Pada Kelas IV SDN Wirun, Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Setelah Diterapkan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas IV SDN Wirun. Hasil Belajar Merupakan Perubahan Yang Terjadi Pada Diri Siswa Sebagai Hasil Dari Kegiatan Belajar Yang Telah Dilakukan. Pkn Merupakan Cabang Ilmu Pengetahuan Yang Membangun Siswa Untuk Memiliki Pengetahuan Dan Kepribadian Cinta Tanah Air Dan Bangsa Yang Mencerminkan Nilai-Nilai Pancasila. Model Pembelajaran STAD Adalah Suatu Model Pembelajaran Yang Menekankan Pada Cara Belajar Kelompok Secara Heterogen Yang Menuntut Siswa Untuk Aktif Dalam Pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Di Kelas IV SDN Wirun Pati Dengan Subyek Penelitian 16 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran STAD, Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Pkn. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Dokumentasi Dan Tes.Selanjutnya, Deskriptifkuantitatif Dankualitatifdigunakanuntuk Menganalisisdatapenelitian Ini. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Pkn. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Tercapainya Indikator Keberhasilan Sebagai Berikut. (1)Keterampilan Guru Pada Siklus I Memperoleh Skor Rata-Rata 77,31% (Baik), Meningkat Pada Siklus II Menjadi 85,64% (Sangat Baik). (2)Aktivitas Belajar Siswa Ranah Afektif, Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Rata-Rata Mencapai 68,12% (Baik) Meningkat Pada Siklus II Menjadi 76,87% (Baik), Sedangkan Aktivitas Siswa Pada Ranah Psikomotorik Pada Siklus I Rata-Rata 70,04% (Baik) Meningkat Pada Siklus II Menjadi 79,81% (Baik).(3) Hasil Belajar Pkn, Ketuntasan Klasikal Siswa Pra Siklus Sebesar 50% Dengan Rata-Rata 70,625, Meningkat Pada Siklus I Menjadi 62,5% Dengan Rata-Rata71,875, Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 81,25% Dengan Rata-Rata79,375. Simpulan Dalam Penelitian Ini Yaitu Penerapan Model Pembelajaran STAD Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Pada Ranah Afektif Dan Psikomotorik Serta Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SDN Wirun Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Saran Dalam Penelitian Ini, Siswa Hendaknya Selalu Aktif Dalam Pembelajaran Serta Memperhatikan Materi Yang Disampaikan Guru. Bagi Guru Hendaknya Menggunakan Model Pembelajaran Yang Variatif, Salah Satunya Dengan Menerapkan Model Pembelajaran STAD.Bagi Sekolah Hendaknya Memberikan Kesempatan Kepada Guru-Guru Aktif Berpartisipasi Mengikuti Kegiatan-Kegiatan Yang Dapat Menambah Wawasan Maupun Pengetahuan Guru Mengenai Model Pembelajaran Yang Efektif Digunakan Di Kelas.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, MM.
Uncontrolled Keywords: Divisions Hasil Belajar Pkn, Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement)
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 02:04
Last Modified: 27 Jun 2016 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5380

Actions (login required)

View Item View Item