Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V Sd Negeri Cangkringrembang Demak

Khasanah, Uswatun (2016) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V Sd Negeri Cangkringrembang Demak. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (582kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (434kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (306kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (201kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia di siswa kelas V SD Negeri Cangkringrembang Demak. Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran inkuiri yang dalam praktiknya guru memberikan bimbingan dan petunjuk bagi siswa. Model inkuiri terbimbing ini digunakan oleh siswa yang kurang berpengalaman dalam belajar yang menggunakan model inkuiri. Eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percobaan dan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Cangkringrembang Demak tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada materi sistem pernapasan manusia yang cukup signifikan antara hasil tindakan prapenelitian diperoleh 36% (tuntas), hasil siklus I diperoleh 64% (tuntas), hasil siklus II diperoleh 92% (tuntas), didukung dengan peningkatan hasil belajar afektif siswa siklus I pertemuan 1 diperoleh 64% (cukup), siklus I pertemuan 2 diperoleh 66% (baik), siklus II pertemuan 1 diperoleh 76% (baik), siklus II pertemuan 2 diperoleh 78% (baik), dan hasil belajar siswa aspek psikomotorik siklus I pertemuan 1 diperoleh 67% (baik), siklus I pertemuan 2 diperoleh 71% (baik), siklus II pertemuan 1 diperoleh 76% (baik), siklus II pertemuan 2 diperoleh 81% (baik). Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas V SD Negeri Cangkringrembang Demak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Cangkringrembang Demak dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada materi sistem pernapasan manusia.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dra. Moh. Kanzannudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Eksperimen, IPA, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 02:33
Last Modified: 27 Jun 2016 02:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5381

Actions (login required)

View Item View Item