Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Legenda Melalui Model Complete Sentence Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Tanjungrejo Kudus

Putra, Gilang Permana (2016) Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Legenda Melalui Model Complete Sentence Berbantuan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V Sdn 6 Tanjungrejo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (795kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (271kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (536kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (136kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak cerita legenda peningkatan keterampilan menyimak cerita legenda melalui model complete sentence berbantuan media audiovisual pada siswa kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kudus. Model complete sentence adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa belajar melengkapi paragraf yang belum sempurna dengan menggunakan kunci jawaban yang tersedia. Model ini diharapakan siswa dapat belajar secara aktif mulai dari, menyimak penjelasan pengertian cerita legenda, ciri-ciri, beserta jenis-jenisnya, berdiskusi menceritakan kembali cerita legenda setempat, berdiskusi mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita legenda. Media audiovisual adalah media yang meliputi media yang dapat dilihat, didengar, dan yang dapat dilihat dan didengar berupa video yang dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide. Media ini dapat dilihat maupun didengar maka diharapkan siswa dapat menceritakan kembali cerita legenda serta mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam cerita legenda Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 6 Tanjungrejo dengan subjek penelitian 21 siswa dan guru berlangsung selama dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model complete sentence dan media audiovisual. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, dokumentasi, observasi, wawancara. Data yang diperoleh dari tindakan selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model complete sentence berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa, dan keterampilan guru, dan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari tercapainya indikator keberhasilan yakni (1) persentase ketuntasan belajar klasikal pada evaluasi keterampilan menyimak cerita legenda siklus I 66,67% meningkat menjadi 95,67% pada tes evaluasi menyimak cerita legenda siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I 70,91 menjadi 80,45 pada siklus II, (2) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menyimak cerita legenda pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 79 dengan kriteria “tinggi” dan meningkat pada siklus II menjadi 91,67 dengan kriteria “sangat tinggi”, dan (3) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nliai rata-rata nilai 59 dengan kriteria “sedang” meningkat pada siklus II menjadi 75,97 dengan kriteria “tinggi”. Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model complete sentence berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita legenda siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 6 Tanjungrejo Kudus. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model complete sentence dalam meningkat keterampilan menyimak pada pelajaran bahasa indonesia dan guru harus kreatif membuat media agar pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa dalam proses belajar. Bagi siswa, hendak memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan mampu memicu berkembangnya penelitian-penelitian lain yang lebih kreatif dan inovatif, khususnya terhadap pembelajaran bahasa indonesia aspek keterampilan menyimak.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Menyimak, Cerita Legenda, Complete Sentence, Audiovisual.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 02:50
Last Modified: 27 Jun 2016 02:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5383

Actions (login required)

View Item View Item