Penerapan Model Course Review Horay Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Lingkungan Melalui Percobaan Pada Siswa Kelas Iv Sd 4 Undaan Kidul Kudus

SOFIANNIDA, LENI (2015) Penerapan Model Course Review Horay Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Lingkungan Melalui Percobaan Pada Siswa Kelas Iv Sd 4 Undaan Kidul Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (906kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (970kB) | Request a copy
[img] PDF (BAb 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (889kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (137kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Memperoleh Mendeskripsikan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar IPA Dengan Diterapkannya Model Course Review Horay Di SD 4 Undaan Kidul Kudus Pada Materi Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan. Hasil Belajar Merupakan Tingkat Keberhasilan Siswa Yang Didapatkan Setelah Adanya Proses Pembelajaran Yang Berlangsung Selama Waktu Tertentu Yang Biasanya Meliputi Ketiga Aspek Yaitu Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Dimana Setelah Siswa Melakukan Proses Pembelajaran Maka Akan Didapatkan Keterampilan Atau Perilaku Baru. Course Review Horay Merupakan Model Pembelajaran Yang Mampu Menciptakan Kelas Menjadi Semangat Dengan Adanya Pemberian Soal Melalui Yel-Yel Yang Dalam Pembelajarannya Diselingi Dengan Percobaan Sehingga Siswa Menjadi Paham. Percobaan Merupakan Suatu Cara Yang Melibatkan Siswa Secara Aktif Untuk Membuktikan Sendiri Konsep Yang Dipelajarinya. Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Yakni Penerapan Model Course Review Horay Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD 4 Undaan Kidul Kudus. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 4 Undaan Kidul Kudus Dengan Subjek Penelitian Penelitian 20 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Atas Empat Tahap Yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi Dan Refleksi. Variabel Bebas Yakni Model Course Review Horay. Adapun Variable Terikat Adalah Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD 4 Undaan Kidul Kudus. Instrumen Penelitian Ini Adalah Yakni Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Belajar Klasikal (Kognitif) Pada Materi Dampak Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Yang Cukup Signifikan Antara Kondisi Awal (60%), Siklus I (88%), Dan Siklus II (94%). Hasil Belajar Ranah Afektif Secara Klasikal Pada Siklus I Memperoleh Persentase Keberhasilan Mencapai 59,95% Dengan Kriteria Tinggi. Sedangkan Siklus II Meningkat Menjadi 86,8% Dengan Kriteria Sangat Baik. Adapun Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Secara Klasikal Pada Siklus I Memperoleh Persentase Keberhasilan Mencapai 59,48% Dengan Kriteria Sedang. Sedangkan Siklus II Meningkat Menjadi 89,81% Dengan Kriteria Sangat Tinggi. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Course Review Horay Dapat Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD 4 Undaan Kidul Kudus. Adapun Saran Yang Diberikan Yakni Guru Dapat Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Sebagai Alternatif Model Dalam Pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Moh. Kanzunnudin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Course Review Horay, Hasil Belajar Ipa, Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan, Percobaan.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 03:26
Last Modified: 27 Jun 2016 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item