Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Di Kelas V Sd 1 Glagahwaru

LAILA, NURUL (2015) Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Di Kelas V Sd 1 Glagahwaru. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (479kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (200kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (501kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (556kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (170kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (122kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Menentukan Peningkatan Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Pada Siswa Kelas V SD 1 Glagahwaru. Pembelajaran IPA Di SD 1 Glagahwaru Hanya Berpusat Pada Guru, Keaktifan Dan Antusias Siswa Dalam Pembelajaran Sangat Rendah. Diperlukan Model Pembelajaran Yang Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa Agar Hasil Belajar Siswa Dapat Meningkat. Hasil Belajar Terdiri Atas Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Merupakan Sistem Pembelajaran Kelompok Dengan Tujuan Agar Siswa Dapat Saling Bekerjasama, Bertanggung Jawab, Saling Membantu Memecahkan Masalah Dan Saling Mendorong Satu Sama Lain Untuk Berprestasi. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Di Kelas V SD 1 Glagahwaru Dengan Subyek Penelitian Sebanyak 16 Siswa. Penelitian Dilaksanakan Selama 2 Siklus Dan Setiap Siklusnya Terdiri Dari 2 Pertemuan. Setiap Siklus Terdiri Dari 4 Tahap, Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Yakni Model Two Stay Two Stray Sedangkan Variabel Terikatnya Berkaitan Dengan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Pada Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Serta Pengamatan Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Instrument Penelitian Yang Digunakan Yakni Lembar Observasi Guru Dan Hasil Belajar Siswa Ranah Afektif Dan Psikomotorik, Pedoman Wawancara Dan Soal Evaluasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Analisis Kuantitatif Dan Kualitatif. Validitas Dan Reliabilitas Digunakan Peneliti Untuk Menguji Kelayakan Dari Soal Tes Yang Digunakan. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Pada Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Serta Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPA Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya. Hasil Belajar Ranah Kognitif Mengalami Peningkatan Yang Signifikan Yakni Pada Siklus I Mencapai 73,25% Dan Pada Siklus II Meningkat Menjadi 81,68%. Pada Ranah Afektif Siklus I Mencapai 76,715% Dengan Kualifikasi “Baik” Pada Siklus II Mengingkat Menjadi 86,075% Dengan Kualifikasi “Sangat Baik”. Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Pada Siklus I Mencapai 68,425% Dengan Kualifikasi “Baik” Dan Pada Siklus II Meningkat 81,09% Dengan Kualifikasi “Baik”. Dan Pada Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Mencapai 77,57% Dengan Kualifikasi “Baik” Siklus II Meningkat Menjadi 89,33% Dengan Kualifikasi “Sangat Baik”. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Di Kelas V SD 1 Glagahwaru Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Two Stay Two Stray Dapat Meningkatkan Pembelajaran IPA Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Di Kelas V SD 1 Glagahwaru. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Two Stay Two Stray Guru Harus Mempersiapkan Segala Sesuatu Yang Dibutuhkan Dalam Penelitian Serta Menguasai Penerapan Model Two Stay Two Stray Agar Pembelajaran Berlangsung Efektif Dan Efisien.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Sabar Rutoto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPA, Cahaya Dan Sifat-Sifatnya
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 03:40
Last Modified: 27 Jun 2016 03:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item