Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas V Sd 3 Bulungcangkring

Fitnaprasetya, Driyan (2015) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas V Sd 3 Bulungcangkring. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (312kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (85kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (60kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (69kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan keterampilan mengajar guru melalui penerapan model Discovery Learning materi bangun ruang kelas V SD 3 Bulungcangkring. Model pembelajaran Discovery Learning adalah model pembelajaran di mana siswa diminta menemukan sendiri konsep pengetahuan pada suatu permasalahan melalui proses penyidikan. Langkah-langkah Discovery Learning adalah 1. Stimulation, 2. Problem Statement, 3. Data Collection, 4. Data Processing, 5. Verification, dan 6. Generalization. Melalui penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Subyek penelitian siswa kelas V SD 3 Bulungcangkring tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dianggap berhasil jika nilai rata-rata kognitif siswa pada materi bangun ruang mencapai ≥70 dengan persentase ketuntasan klasikal ≥75%, hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik mencapai kategori minimal baik dan keterampilan mengajar guru meningkat mencapai kategori minimal baik dengan persentase ≥75%. Hasil penelitian ranah kognitif, kondisi awal ketuntasan hasil belajar siswa (35%), siklus I (70%), dan mengalami peningkatan pada siklus II (85%). Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I (63,75%) dengan kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II (84,50%) dengan kategori baik. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus I (66,67%) dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II (86,65%) dengan kategori sangat baik. Sedangkan keterampilan guru dalam mengajar siklus I (79,99%) dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II (89,99%) dengan kategori sangat baik. Simpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang kelas V SD 3 Bulungcangkring, hasil belajar siswa ranah afektif, hasil belajar siswa ranah psikomotorik dan keterampilan guru. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajan dengan mengkolaborasikan dengan metode yang menarik agar pembelajaran lebih bermakna. Siswa hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Sekolah hendaknya memfasilitasi guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Peneliti selanjutnya hendaknya mempersiapkan pelaksanaan penelitian secara maksimal agar tidak mengalami kesulitan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Bangun Ruang
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 04:13
Last Modified: 27 Jun 2016 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5389

Actions (login required)

View Item View Item